Jumat , 6 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemerintah Kabupaten Pertimbangkan Tunda Rekomendasi Izin

Pemerintah Kabupaten Pertimbangkan Tunda Rekomendasi Izin

Siti Qoriah

ARGA MAKMUR – Dua tahun berjalan sejak 2018, program pembangunan dari Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan yang dilakukan Pemkab Bengkulu Utara meningkat. Dari 2018 sebesar Rp 800 juta nilai pembangunan yang dilakukan perusahaan, tahun ini diperkirakan pembangunan fisik yang dilakukan dalam bentuk Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan atau Corporate Social Responsibility sudah mencapai angka Rp 2 M.

Namun dari 56 perusahaan yang terdaftar dalam forum Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, masih ada 12 perusahaan yang belum melakukan pembangunan. Sedangkan Pemkab sudha mengirimkan list pembangunan yang bisa dilakukan perusahaan sesuai besaran yang diatur dalam Perda Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan sebesar 3 persen dari laba bersih perusahaan pertahun.

Kepala Bappeda Bengkulu Utara yang juga Sekretaris Forum Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan menuturkan Ir. Siti Qoriah, MM memastikan akan ada sanksi pada perusahaan yang tidak patuh apda Perda Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan. Bahkan Pemkab Bengkulu Utara akan melaporkan hal tersebut ke Pemprov selaku pemberi izin perusahaan pertambangan dan perkebunan di Bengkulu Utara.

“Kita pastikan akan ada sanksi, karena sebagian perusahaan sudah patuh pada Perda. Yang tidak patuh tentunya akan ada sanksi,” katanya.

Meski tak memberikan izin operasional perusahaan, namun Pemkab Bengkulu Utara memberikan rekomendasi untuk perizinan. Bukan tak mungkin Pemkab Bengkulu Utara akan menahan rekomendasi izin operasional perusahaan yang bandel melaksanakan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan tersebut.

“Kita tidak ingin ada perusahaan yang bandel, sedangkan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan ini sudah jelas dasar hukumnya Perda. Sanksinya bisa nanti terkait dengan rekomendasi perizinan,” tegas Siti.

Sekadar mengetahui, Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan Bengkulu Utara dengan pola pembangunan yang dilakukan sendiri perusahaan. Pemkab hanya menentukan titik-titik atau program pembangunan dengan besaran nilainya. Setelah dilakukan perusahaan, Pemkab Bengkulu Utara akan membukukan jumlah pelaksanaan Corporate Social Responsibility.

Program Corporate Social Responsibility Bengkulu Utara dalam bentuk Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan ini memang menjadi salah satu program unggulan. Bahkan dalam pertmeuan seluruh kepala daerah dengan Gubernur, program tersebut akan ditiru Pemprov untuk seluruh perusahaan tingkat Provinsi. (qia)

Berita Lainnya

Perubahan Nomenklatur Ada Pejabat Bakal Nonjob

ARGA MAKMUR – DPRD Bengkulu Utara akan membahas nomenklatur baru beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Diantaranya ...

error: Content is protected !!