Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Tubuh Sehat Pikiran Sehat

Tubuh Sehat Pikiran Sehat

SENAM: Bupati dengan seluruh unsur jajaran Pemkab Kepahiang, Jumat (15/11) mengikuti kegiatan senam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di halaman Kantor Bupati Kepahiang, (foto: arie/rb).

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU, mengatakan bahwa dengan tubuh yang sehat, maka masyarakat akan terhindar dari sifat negative thingking. Hal ini diungkapkan Bupati saat membuka kegiatan Senam Germas Bersama dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman kantor Bupati Kepahiang, Jumat (15/11).

Menurut Bupati, menjelang tahun politik saat ini, penggunaan media sosial banyak dibumbui dengan sifat negative thingking. Bahkan akhirnya berujung pada saling caci yang menyebabkan putusnya silaturahmi antar masyarakat. Untuk itu Bupati mengimbau kepada para ASN di lingkungan Pemkab Kepahiang agar bisa lebih bijak menggunakan media sosial, dan hindari berbagai sifat negative thingking.

“Salah satu cara untuk menghindari diri terkena sifat negative thingking adalah dengan berolahraga, salah satunya adalah senam. Karena dengan senam, tubuh akan menjadi sehat. Dan dengan tubuh yang sehat, maka akan lahir pikiran yang sehat pula,” terang Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan tugas Pemkab terkait tindaklanjut Inpres No 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, sangatlah strategis. Mengingat kabupaten adalah garda terdepan dalam mengakselerasi dan implementasi gerakan hidup sehat.

“Rendahnya pemahaman masyarakat terhadap pola hidup sehat memicu meningkatnya penyakit dalam tubuh, dengan sosialisasi Germas ini diharapkan pola hidup sehat bisa meningkat lagi. Terutama dari pola makan dengan gizi seimbang,” sampai Bupati.

Selanjutnya, Bupati mensosialisasikan gerakan bawa botol minum (BBM) ketempat kerja atau sekolah sesuai dengan surat edaran Bupati Kepahiang Nomor : 440/801/DINKES/KPH/2019 Tanggal 26 Agustus 2019. Dengan edaran ini diharapkan dapat menekan jumlah limbah plastik di Kabupaten Kepahiang.

“Dengan gerakan bawa botol minum isi ulang ketempat kerja kita telah berpartisipasi dalam menjaga lingkungan kita. Dapat mengurangi limbah plastik yang sangat sulit terurai,” tutup Bupati.

Sementara itu, dari pantauan RB terlihat kegiatan senam Germas tersebut diikuti oleh puluhan ASN di lingkungan Pemkab Kepahiang. “Kita berharap dengan seringnya dilakukan kegiatan seperti ini, masyarakat bisa terbiasa menjaga pola hidup sehat melalui kegiatan olahraga, salah satunya adalah senam. Bahkan saat ini kegiatan senam sudah sering dilakukan di desa-desa oleh para kelompok masyarakat,” demikian Bupati. (sly)

Berita Lainnya

Sudah 16 Tim Mendaftar

KEPAHIANG – Turnamen sepakbola Bupati Kepahiang Cup 2019 tinggal hitungan hari lagi untuk digelar, yakni ...

error: Content is protected !!