Sabtu , 14 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Vaksinasi HPR Tuntas November

Vaksinasi HPR Tuntas November

MUKOMUKO – Vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR), ditarget rampung di November ini. Total, sudah 2.350 ekor HPR yang divaksinasi dari target 3.110 ekor HPR.   “Baru 2.350 ekor HPR. Sedangkaan target vaksinasi tahun ini sebanyak 3.110 ekor HPR. Mulai dari jenis kucing, kera dan anjing peliharaan masyarakat,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Mukomuko, Warsiman, S.Pt.

Untuk merampungkan kegiatan tersebut kata Warsiman, pihaknya bersama petugas kesehatan hewan kecamatan turun ke lapangan. Selain pemberian vaksin, juga sosialisasi kepada masyarakat yang memilihara HPR.

“Kendala yang kami hadapi saat ini, pemilik hewan masih banyak yang enggan membawa hewan peliharaanya untuk diberikan vaksin. Padahal vaksinasi ini sangat penting. Sebab jika tidak diberikan sangat mengkhawatirkan. Manusi yang kena gigitan HPR bisa terkena virus rabies yang dapat mematikan,” jelasnya.

Warsiman menambahkan, untuk menghindari ancaman penyakit rabies ini tidak hanya fokus pada kegiatan vaksinasi. Upaya eliminasi (pemusnahan) terhadap anjing liar, sebenarnya juga sangat penting dilakukan.

Sebab pemberian vaksin itu, tambahnya, hanya untuk hewan peliharaan warga. Sedangkan untuk anjing liar, tidak bisa dilakukan. “Sayangnya, kegiatan eliminasi tahun ini tidak bisa kita lakukan lantaran anggaran tidak ada,” tukasnya.(hue)

 

Berita Lainnya

Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

MUKOMUKO – Gedung olahraga (GOR) akan siap dibangun di Mukomuko. Targetnya akam mampu menampung 6 ...

error: Content is protected !!