Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Lembaga Penyiaran Publik Lokal Masih Terganjal Peraturan Daerah

Lembaga Penyiaran Publik Lokal Masih Terganjal Peraturan Daerah

PELABAI – Rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong membangun Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) atau stasiun pemancar radio, tampaknya belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat. Dana yang diusulkan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) senilai Rp 1 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Lebong Tahun 2020, ditolak Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) karena belum ada payung hukumnya.

Itu karena Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Staisun Radio yang disampaikan Pemkab Lebong ke legislatif sejak Juli berdasarkan usulan Diskominfo belum disahkan menjadi Perda. ‘’Makanya usulan penganggaran stasiun radio belum bisa kami akomodir,’’ ujar Ketua TAPD Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si.

Penolakan anggaran radio itu juga berkaitan dengan keterbatasan anggaran mengingat APBD Lebong tahun 2020 banyak terkuras untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Namun jika Perda tentang pendirian radio disahkan tahun ini atau tahun 2020, pihaknya siap menganggarkan dana pembangunan stasiun pemancar radio dalam APBD Perubahan 2020. ‘’Kalaupun tidak terkejar, diakomodir tahun selanjutnya,’’ ungkap Mustarani.

Sementara Kabid Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Diskominfo SP Kabupaten Lebong, Warles Fery, SE, M.AK mengatakan, dana yang diusulkan Diskominfo murni untuk pengadaan peralatan penunjang. Sedangkan untuk biaya operasional akan diusulkan menyusul setelah kelangkapan radio terpasang dan siap digunakan. ‘’Termasuk di dalamnya biaya pembentukan dewan pengawas dan dewan direksi yang melibatkan LPP RRI (Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia, red),’’ terang Warles.

Dijelaskannya, radio lokal milik Pemkab Lebong itu akan dinamai Suara Lebong. Teknis pengelolaannya akan dipusatkan di Diskominfo. Fungsinya untuk menyampaikan informasi seputar pembangunan yang dicanangkan Pemkab Lebong. Mulai dari pusat, provinsi, kabupaten hingga ke tingkat desa. ‘’Teknisnya nanti akan kami gelar talk show secara rutin, termasuk ditampilkan juga acara-acara hiburan,’’ papar Warles. (sca) 

Berita Lainnya

174 Berkas CPNS Lebong Tidak Memenuhi Syarat

PELABAI – Dari 3.863 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Lebong, hanya 3.689 pelamar ...

error: Content is protected !!