Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Sumber Air Makin Menyusut, Pipa juga Banyak Bocor

Sumber Air Makin Menyusut, Pipa juga Banyak Bocor

GRATIS: Pendistribusian air bersih dilakukan PDAM Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong,(foto: ist/rb).

CURUP – PDAM Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus berupaya mengatasi keluhan pelanggan mereka terkait masalah tersendatnya distribusi air bersih dari PDAM kepada pelanggan. Salah satunya dengan memberikan solusi pendistribusian air gratis dengan menggunakan kendaraan tangki milik mereka.

Diungkapkan Direktur PDAM Tirta Dharma Kabupaten Rejang Lebong Orin Retnowati kepada RB, untuk mengatasi kondisi yang ada, pendistribusian masih tetap dilakukan meskipun dengan cara bergiliran. Ditambah dengan bantuan air bersih dengan didistribusikan menggunakan tanki secara gratis. ‘’Ini sudah kita upayakan untuk mengatasi dampak musim kering masih berlangsung saat ini. Kita melakukan sistem bergilir dan mendistribusikan air dengan gratis jika ada yang membutuhkan mendesak,’’ terang Orin.

Dijelaskan Orin, kondisi yang ada disebabkan oleh beberapa faktor yang saat ini sedang dilakukan penanganan oleh mereka. Diantaranya sumber air yang sudah banyak menyusut dan tinggal kisaran 20 sampai 50 persen. Kemudian ada juga faktor kebocoran pipa yang disebabkan oleh pembangunan drainase yang tidak berkoordinasi dengan PDAM.

‘’Termasuk juga cara pelanggan dan masyarakat yang tidak sabar dengan berspekulasi dengan menggunakan pompa penyedot yang langsung dihubungkan dengan pipa PDAM. Dampaknya tetangga mereka yang sama-sama menjadi pelanggan, malah tidak kebagian air. Apalagi masih banyak prilaku boros air yang terjadi di masyarakat,’’ ungkap Orin.

Ditambahkan Orin, solusi yang sedang mereka lakukan saat ini diantaranya terus memantau sumber-sumber produksi air milik PDAM dan potensi sumber-sumber air baru. Kemudian melakukan perbaikan terhadap kebocoran-kebocoran yang terjadi di beberapa wilayah kecamatan. Serta tetap melakukan penggiliran distribusi air dan menyiapkan tanki air gratis untuk pelanggan.

‘’Sampai hari ini setidaknya kita sudah mendistribusikan 551 tangki secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Dan kita mengimbau kepada masyarakat agar merubah perilaku boros air. Serta jangan melakukan hal-hal yang bisa merugikan pelanggan lain serta melanggar aturan PDAM terkait pendistribusian air PDAM,’’ demikian Orin.(dtk)

Berita Lainnya

Jembatan ‘Palembang Kecik’ Terancam Ambruk

SBU – Bencananya alam terjadi dikawasan Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu. Sekitar pukul ...

error: Content is protected !!