Senin , 9 Desember 2019
Home / Pemilu / Gerindra Segera Pleno Usulkan Calon Gubernur ke DPP

Gerindra Segera Pleno Usulkan Calon Gubernur ke DPP

Endang Filian

BENGKULU- Sebanyak tiga bakal calon gubernur (cagub) yang mendaftar di Gerindra yakni Agusrin M Najamudin, Rosjonsyah, dan Imron Rosyadi masih diberi waktu hingga Selasa (19/11) malam untuk mengikuti fit and proper test di DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu. Sebab, tim penjaringan dan pengurus DPD Partai Gerindra Provinsi akan menggelar rapat pleno Rabu (20/11) untuk memutuskan tiga nama terbaik yang akan diusulkan ke DPP Gerindra.

“Fit and proper test wajib diikuti bakal cagub yang sudah mendaftar. Hal itu untuk melihat keseriusan mereka maju pilkada melalui Partai Gerindra,” kata Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Gubernur/Wakil Gubernur DPD Partai Gerindra Provinsi Bengkulu, Endang Filian.

Lanjut Endang, Partai Gerindra yang memiliki enam kursi di DPRD Provinsi dipastikan akan berkoalisi dengan parpol lain agar bisa mengusung satu pasangan calon. Sementara ini Gerindra masih terus berkomunikasi dengan parpol lain. “Selain masih fokus dengan proses penjaringan, komunikasi dengan parpol lain tetap dilakukan,” jelasnya.

Fit Proper Test Perindo

Sebanyak 11 bakal cagub yang mengembalikan berkas pendaftaran di Partai Perindo Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu, akan segera mengikuti tahapan fit and proper test dan pemaparan visi misi mulai tanggal 25 November hingga pertengahan Desember mendatang. “Wajib diikuti seluruh kandidat, karena sebagai bahan pertimbangan dari tim penjaringan seleksi untuk mengusulkan ke DPP,” jelas Sekretaris Tim Penjaringan Perindo Provinsi Bengkulu, Eko Febrinaldo, SH.

Diketahui sebanyak 11 kandidat yang mengembalikan berkas pendaftaran yakni 10 bakal calon gubernur diantaranya mantan Gubernur Bengkulu Agusrin Najamudin, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, mantan Anggota DPR RI Patrice Rio Capela, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, Bupati Lebong Rosjonsyah, lalu ada mantan Bupati Kepahiang Bando Amin C Kader, pengurus PDI-Perjuangan provinsi Dadang Mishal, mantan Anggota DPRD kota Lenny Jhon Latif mantan Bupati Bengkulu Utara Imron Rosyadi, kalangan pengusaha Alfian Toni dan satu bakal calon wakil gubernur Hakman Novi.

“Jadi untuk pelaksanaan fit and proper test ini tidak hanya digelar untuk bakal calon gubernur/wakil gubernur saja. Namun calon bupati/wakil bupati beberapa daerah juga dilakukan serentak. Karena pelaksanaannya itu (fit and proper test) sampai pertengahan Desember mendatang. Sebab dalam sehari tiga kandidat yang jadwalnya akan kita susun,” beber Eko.

Eko juga mengatakan, Perindo yang hanya punya dua kursi juga akan berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mengusung satu pasang calon dalam Pilgub mendatang. Untuk mengusung satu pasang calon minimal harus memiliki 9 kursi. “Sejumlah parpol saat ini kita rasa sama, masih dalam proses penjajakan untuk berkoalisi. Yang jelas Perindo akan terbuka dengan parpol manapun berkaitan dengan koalisi mengusung satu pasangan terbaik untuk maju Pilgub nanti,” bebernya.

PKB Buka Pendaftaran

DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Bengkulu akan membuka penjaringan balon calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di Provinsi Bengkulu, dimulai 20-27 November 2019.

“Selama tujuh hari kedepan kita buka pendaftaran untuk kepala daerah/wakil kepala daerah. Pendaftaran memang tidak lama, ini juga bagi figur yang benar-benar serius, sehingga siapa yang mendaftar benar-benar memang ingin maju bukan sekedar coba-coba,” terang Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu, Herliardo.

Sambung Herliardo, pendaftaran penjaringan kepala daerah dibuka di semua daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak 2020. Untuk di Bengkulu, pendaftaran cagub/cawagub dibuka di Kantor DPW PKB Bengkulu Jalan Tribrata RT 01 RW 03 Kelurahan Cempaka Permai, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Sedangkan untuk cabup/cawabup dibuka dimasing-masing kantor DPC PKB.

“Jadi untuk pendaftaran batas waktunya selama seminggu ke depan dari awal dibuka. Sedangkan untuk proses pengembalian berkas pendaftaran juga dilakukan waktu seminggu kedepan. Untuk informasi lengkapnya, kandidat maupun tim bisa konfirmasi langsung ke kantor sekretariat PKB,” jelasnya. (new)

Berita Lainnya

Tes Tertulis Pengawas Kecamatan Sistem CAT

SELUMA – Sebanyak 203 pelamar Pengawas Kecamatan Pilkada Serentak 2020 telah menyampaikan berkas lamaran ke ...

error: Content is protected !!