Minggu , 15 Desember 2019
Home / PLTU / Investasi di Provinsi Bengkulu Tembus Rp 3,7 Triliun

Investasi di Provinsi Bengkulu Tembus Rp 3,7 Triliun

PERAYAAN : Direktorat Wilayah I BKPM Agus Joko Saptono menghadiri Perayaan Sukses Sinkronisasi Unit #1 PLTU Bengkulu 2×100 MW. (foto : hakim/rb)

BENGKULU- Perayaan sinkronisasi unit#1 PLTU Bengkulu 2×100 MW disambut baik Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Direktorat Wilayah I BKPM Agus Joko Saptono. Disela-sela perayaan, Agus mengatakan dengan hadirnya PLTU Bengkulu 2×100 MW, total nilai investasi di Bengkulu mencapai Rp 3,7 triliun.

“Mari ciptakan iklim yang kondusif, sehingga investor mau meningkatkan investasinya di Bengkulu. Kita berharap unit #2 segera sinkronisasi sehingga operasional komersial segera dimulai. Kegiatan ini dapat mengundang investor lain untuk berinvestasi di Bengkulu,” katanya.

Karena ketersediaan listrik yang aman lanjut Agus menjadi point penting dalam sebuah investasi. “Ini proyek strategis dan vital. Kehadiran PLTU Bengkulu menjadi jawaban atas kekurangan listrik yang ada, sehingga investasi dapat meningkatkan lagi,” imbuhnya.

Diketahui, total investasi dari PLTU Bengkulu 2×100 MW adalah USD 361 juta. Dari jumlah tersebut 25 persen merupakan biaya sendiri, sedangkan 75 persen menggunaka biaya Bank.

Pemilihan Provinsi Bengkulu sebagai daerah investasi Power China setelah Batam adalah lebih dikarenakan Bengkulu masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Indonesia.

“Pemerintah Indonesia berencana membangun 100 PLTU, dan setelah kami lihat Bengkulu memang kekurangan listrik. Kekurangan pasokan listrik ini akan berimbas pada ekonomi, oleh karena itu kami bangun untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal,” ungkap  Presiden Direktur Power China Resources Limited, Sheng Yuming. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi yakni 5-6 persen per tahun menjadi alasan investasi Power China.

“Tiongkok punya teknologi listrik yang baik. Melalui proyek PLTU dapat menambah wawasan dan hubungan antar suku. Serta membuka lapangan kerja,” pungkasnya. (adn)

Berita Lainnya

DKP Pastikan PLTU Tidak Cemari Laut Bengkulu

BEBGKULU– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu beberapa hari yang lalu telah mengambil sampel ...

error: Content is protected !!