Sabtu , 14 Desember 2019
Home / Daerah / Kaur / Masukkan Dana Pilkades

Masukkan Dana Pilkades

KOTA BINTUHAN – Rapat paripurna dengan agenda pandangan fraksi-fraksi di DPRD Kaur terkait Raperda APBD tahun 2020 Senin (18/11) hanya dihadiri Sekda Kaur Nandar Munadi, M.Si. Dari berbagai pandangan fraksi yang disampaikan, dua fraksi menyoroti soal pilkades Kaur yang lamban. Untuk itu dewan mendesak agar Pemkab Kaur tahun 2020 awal, sudah harus menggelar pilkades sebelum  pilkada yang akan datang.

Bahkan Fraksi Sease Sehijean melalui juru bicaranya Denny Setiawan mengancam akan menolak pembahasan dan menandatangani APBD 2020, jika dalam draft pembahasan nanti tidak ada anggaran untuk pelaksanaan pilkades tahun 2020. Dipastikan Fraksi Sease Sehijean akan menolak RAPBD 2020. Pihaknya juga tidak akan tanda tangan dan melakukan pembahasan RAPBD tahun 2020 yang akan datang.

“Pilkades 2020 harus dilaksanakan di awal tahun sebelum pilkada dan ini menjadi sorotan masyarakat. Apalagi pada tahun 2019 ini akan ada 115 kades yang dijabat Pjs dari total 192 desa. Dana pilkades wajib masuk pembahasan, jika tidak maka kami dari Fraksi Sease Sehijean akan menolak membahas RAPBD 2020,” tegas Denny.

Sama sebelumnya desakan untuk melaksanakan pilkades sebelum pilkada juga telah disampaikan Fraksi Kaur Kondusif melalui juru bicaranya Firjan Eka Budi. Fraksi gabungan ini juga meminta agar Pemkab Kaur melalui OPD terkait pada tahun 2020 mengutamakan pilkades. Bahkan mereka mendesak pilkades ini dilaksanakan sebelum pilkada 2020.

“Desakan masyarakat yang menginginkan pilkades 2020 sebelum pilkada ini sudah sangat kencang. Makanya kita dari Fraksi Kaur Kondusif mendesak Pemkab Kaur mengalokasikan dana untuk pilkades sebelum pilkada yang akan datang. Untuk itu OPD terkait kita minta sejak jauh hari ini sudah merancang agar pilkades bisa terlaksana sebelum pilkada,” pungkas Firjin Eka Budi.

Selain pilkades, soal pembangunan juga menjadi sorotan agar tahun 2020 lebih fokus pada pembangunan jalan pedesaan yang masih sulit di Kaur. Kemudian pembelian vitamin untuk anak-anak dan balita untuk menurunkan stunting di wilayah Kabupaten Kaur.

Paripurna ini Senin (18/11) dipimpin langsung Ketua DPRD Kaur, Diana Tulaini dan juga dua pimpinan dewan lainnya. Dari empat fraksi di DPRD Kaur, yakni Fraksi Golkar, Fraksi Kaur Kondusif, Fraksi Sease Sehijean dan Fraksi PDIP, semuanya menerima RAPBD tahun 2020 untuk dibahas di tingkat selanjutnya di DPRD Kaur dalam waktu dekat ini.(cik)

Berita Lainnya

Cintai  Ibu, Karena Ibu Segalanya

KOTA BINTUHAN – Bupati Kaur, Gusril Fauzi, S.Sos, M.AP berpesan untuk mencintai ibu. Karena ibu ...

error: Content is protected !!