Senin , 9 Desember 2019
Home / Metropolis / Nelayan Keluhkan Pukat Harimau

Nelayan Keluhkan Pukat Harimau

BERLABUH: Nelayan Pantai Malabero tengah mengangkut ikan hasil tangkapan dan juga perahunya ke tepi. (foto: oki/rb)

BENGKULU – Nelayan di Pantai Malabero, Junadi (56) mengeluhkan adanya kapal trawl berkeliaran di tengah perairan Bengkulu. Kapal yang membawa pukat harimau ini sering kali memasuki wilayah yang biasa digunakan oleh nelayan tradisional untuk mencari ikan. Alhasil, tangkapan nelayan tradisional menjadi menurun. Belum lagi dampak jangka panjang yang diakibatkan oleh trawl tersebut terhadap ekosistem laut yang dikhawatirkan  akan merusak  karang sebagai tempat ikan ikan berkembang biak. “Tobo tu (Nelayan trawl) kalu njaring, anak ikan yang kecik-kecik tu masuk galo, abis tu dibuang” ungkapnya

Dikatakan Junaidi, ia dan teman-teman nelayan sering memperingati nelayan trawl tersebut agar pergi dari wilayah tangkap nelayan tradisional. Bahkan nelayan tradisional sempat mengejar mereka, namun tidak pernah berhasil menangkapnya. Karna kapasitas mesin kapal nelayan tradisional lebih kecil  dari nelayan trawl. “Kami idak sanggup ngejarnyo,mesin tobotu gedang-gedang sedangkan mesin kami kapasitas kecik,” kata Junaidi sembari merapikan jaring di tepi Pantai Malabero, Senin (18/11).

Dia berharap ada perhatian dari dinas terkait untuk menangani keluhan ini. Karena masalah ini sering terjadi namun tidak pernah ditangani sampai tuntas. Sebagai nelayan mereka sangat bergantung pada hasil laut, untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bengkulu Sri Hartati, mengatakan sejauh ini belum ada laporan dari nelayan akan hal tersebut. Dia berharap nelayan melaporkan jika menemukan kapal membawa pukat harimau. “Kita kerjasama dengan pihak terkait lainnya agar sama-sama menangani ini,” katanya.

Dia mengakui juga sering melakukan operasi kapal pukat harimau. “Susahnya, saat kami lakukan operasi di lokasi, mereka (kapal trawl)  tidak muncul,” tutupnya. (cw1)

Berita Lainnya

Baznas Gelar Berobat Gratis

BENGKULU – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bengkulu masih menunggu daftar nama-nama masyarakat yang ...

error: Content is protected !!