Sabtu , 14 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pemerintah Harus Jaga Masyarakat dari Kisruh Tambang

Pemerintah Harus Jaga Masyarakat dari Kisruh Tambang

BENTENG – Polemik di tambang Bara Mega Quantum (BMQ) yang masih belum selesai dengan baik hingga saat ini. Diharapkan konflik ini tidak mengorbankan masyarakat yang bekerja sebagai buruh kasar pada dua pihak yang mengaku sebagai pemilik tambang. Karena, mayoritas masyarakat Bengkulu Tengah yang bekerja di sana, hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. Tidak lebih banyak dari pada pihak yang mencari keuntungan dari operasional tambang.

Hal ini disampaikan Kades Rindu Hati, Sutan Muklis, SH, yang desanya dekat dengan lokasi tambang. Dia meminta agar pemerintah daerah bisa menengahi, dan  jangan sampai masyarakat yang diadu oleh pihak yang mencari keuntungan demi mengamankan perusahaan dan lokasi tambang.

Karena, Sutan menilai bahwa yang berselisih dalam klaim kepemilikan tambang, semuanya melibatkan orang-orang besar dan memiliki pengaruh luas di masyarakat.

“Memang banyak warga desa di sekitar tambang yang menjadi pekerja,” terang Sutan.

Menurut Sutan, pemerintah daerah harus tepat melindungi warganya supaya tidak ikut dalam perselisihan. Apalagi, sudah ada pengamanan dari pihak kepolisian. Hal tersebut sudah menunjukkan bahwa semua pihak mengharapkan adanya kondisi yang kondusif, aman dan masyarakatpun bisa tetap menjalankan aktifitasnya sehari-hari.

Jika masih terus bersengketa, Sutan meminta ada ketegasan dari pemerintah. Apalagi, kalau sengketa dilakukan oleh pihak yang bukan berasal dari Bengkulu Tengah. Karena, daerah hanya dijadikan sebagai tempat bersengketa tentu masyarakat keberatan dengan hal itu.

“Kami berharap, agar pihak terkait pemerintahan mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa untuk sama-sama menjaga situasi terkait kisruh tambang yang sudah berlangsung cukup lama dan dipantau oleh pihak keamanan,” demikian Sutan.(vla)

Berita Lainnya

DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

BENTENG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Bengkulu ...

error: Content is protected !!