Minggu , 15 Desember 2019
Home / PLTU / Sukses Sinkronisasi Unit #1 PLTU Bengkulu 2×100 MW

Sukses Sinkronisasi Unit #1 PLTU Bengkulu 2×100 MW

SINKRONISASI :
SINKRONISASI : Presiden Direktur Power China Resources Limited, Sheng Yuming, President Directur PT Intraco Penta,  Petrus Halim, First Secretary  Embassy Of The People’s Republic of China In The Republic Indonesia, Li Hanqing dan epala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. H. Ahyan Endu. (foto : hakim/rb)

BENGKULU– Unit #1 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bengkulu  2×100 MW sukses sinkronisasi, Jumat (15/11). Ini merupakan sinkronisasi pertama dari dua unit yang ada jelang operasional komersial 25 Februari 2020. Sinkronisasi ini dihadiri Presiden Direktur Power China Resources Limited, Sheng Yuming, President Directur PT Intraco Penta,  Petrus Halim, First Secretary  Embassy Of The People’s Republic of China In The Republic Indonesia, Li Hanqing.

Hadir pula Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Direktorat Wilayah I BKPM Agus Joko Saptono, Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. H. Ahyan Endu, Kadisnakertrans, Sudoto serta pimpinan media lokal,nasional dan China.

Sheng Yuming mengatakan Power China mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemerintah Indonesia dan Provinsi Bengkulu dalam pembangunan PLTU 2×100 MW.

“Investasi di luar negeri sangatlah penting, dan kami sangat berhati-hati mengerjakan proyek ini. Targetnya Februari mendatang proyek ini sudah bisa operasional secara komersial sehingga dapat memberikan dampak ekonomi yang besar untuk Provinsi Bengkulu,” terang Sheng Yuming.

Sementara itu, Petrus Halim menambahkan proyek PLTU 2×100 MW di Bengkulu dimulai sejak menang tender tahun 2012. Ini merupakan proyek PLTU kedua di Sumatera setelah proyek PLTU Batam. “Ke depan kita bersama-sama untuk menjaga PLTU ini agar bermanfaat bagi masyarakat. Optimis di tahun 2020 operasi komersial bisa dimulai,” imbuhnya.

LANDMARK : PLTU Bengkulu 2×100 MW saat ini sudah menjadi landmark di Kota Bengkulu. (foto : ist/rb)

Dilain pihak, First Secretary  Embassy Of The People’s Republic of China In The Republic Indonesia, Li Hanqing mengatakan keseriusan  Tiongkok dalam mengerjakan proyek PLTU Bengkulu 2×100 MW. Dalam mengerjakannya, Power China menerapkan nilai prinsif menghargai budaya lokal dan menekan biaya produksi semaksimal mungkin.

“PLTU sekarang sudah menjadi landmark di Kota Bengkulu. Proyek PLTU Bengkulu 2×100 MW akan mengikuti peraturan hukum yang berlaku. Hari ini unit #1 terpasang diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk ekonomi Indonesia,” katanya.

Secara umum, Li Hanqing menambahkan energi dan infrastruktur menjadi pilihan bagi China untuk berinvestasi. Karena dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kedua negara, yakni Indonesia dan China.

Mewakili Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, Ahyan Endu mengucapkan selamat atas suksesnya sinkronisasi unit #1 PLTU Bengkulu 2×100 MW. Ia menegaskan  ke depan PT. Tenaga Listrik Bengkulu (TLB) tetap sinkron dengan pemerintah daerah dan pusat.(adn)

 

Berita Lainnya

DKP Pastikan PLTU Tidak Cemari Laut Bengkulu

BEBGKULU– Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu beberapa hari yang lalu telah mengambil sampel ...

error: Content is protected !!