Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Audit Dana Desa Batu Roto Dan Tanjung Kemenyan

Audit Dana Desa Batu Roto Dan Tanjung Kemenyan

Soeharto Handayani

ARGA MAKMUR – Setelah menuntaskan audit investigasi mengenai pelaksanaan Dana Desa Taba Kelintang, Kecamatan Batik Nau, Inspektorat Bengkulu Utara melanjutkan pemeriksaan Dana Desa Batu Roto dan Dana Desa Tanjung Kemenyan.

Pemeriksaan Dana Desa Batu Roto berdasarkan laporan masyarakat soal dugaan adanya pemotongan dalam pembayaran honor perangkat desa. Inspektorat sudah memeriksa beberapa warga, baik yang melapor maupun yang terkait dengan pelaksanaan Dana Desa, termasuk kepala desa.

“Kita sudah mintai keterangan kepala desa, namun ada beberapa lagi yang akan kita mintai keterangan untuk memastikan kebenaran laporan tersebut,” kata Inspektur Inspektorat Bengkulu Utara, Suharto Handayani.

Inspektorat meminta seluruh bukti pembayaran honor perangkat desa sejak 2017-2018. Termasuk meminta perangkat desa memastikan besaran honor yang mereka terima. “Jadi semua pihak terkait akan kita mintai keterangan. Semua laporan kita tindaklanjuti,” katanya.

Sementara untuk audit Desa Tanjung Kemenyan dilakukan atas permintaan Polres Bengkulu Utara. Permintaan audit pelaksanaan Dana Desa tahun 2018 termasuk kegiatan fisik maupun non fisik. “Saat ini masih berjalan, karena seluruh kegiatan kita periksa,” jelas Suharto.

Inspektorat juga akan memeriksa ahli terkait beberapa item pelaksanaan Dana Desa. Hanya saja, diakuinya, banyaknya laporan masyarakat mengenai Dana Desa, membuat Inspektorat harus menggunakan skala prioritas karena minimnya personel auditor. “Jadi yang memang dasar laporannya lengkap akan kita proses lebih dulu. Sehingga memudahkan dalam proses audit untuk mencari kebenaran ada atau tidak aturan yang dilanggar atau kerugian negara,” terangnya.(qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!