Senin , 9 Desember 2019
Home / Daerah / Seluma / Defisit Harus Sesuai Permenkeu, Bupati Minta Tinjau RAPBD

Defisit Harus Sesuai Permenkeu, Bupati Minta Tinjau RAPBD

PARIPURNA: Rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan RAPBD Seluma 2020 oleh Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH Selasa (19/11), (foto: yayan/rb).

SELUMA – Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH meminta kepada DPRD Seluma dan juga TAPD, untuk membahas kembali RAPBD 2020 untuk mengurangi defisit anggaran yang mencapai 41,7 miliar. Padahal sesuai Permenkeu, defisit harus ada dilevel maksimal 3 persen dari total pendapatan daerah.

‘’Jadi silakan ditinjau dan dibahas kembali. Ikuti Permenkeu tersebut,’’ sampai Bundra usai menghadiri rapat paripurna dengan agenda penyampaian nota keuangan RAPBD 2020, Selasa (19/11).

Berdasarkan KUA-PPAS yang telah disepakati, RAPBD Seluma 2020 sebesar Rp 985 miliar. Terdiri atas belanja tidak langsung Rp 634 miliar dan Rp 350 miliar merupakan belanja langsung. Sementara pendapatan daerah hanya Rp 947 miliar sehingga terjadi defisit Rp 41,7 miliar.

‘’Anggaran yang dialokasikan harus sesuai dengan kebutuhan. Item kegiatan yang sifatnya tidak urgen silakan ditinjau kembali dan dipangkas untuk menurunkan defisit ini,’’ kata Bundra.

Masih menurut Bundra, anggaran yang dialokasikan dalam APBD 2020 haruslah memprioritaskan kegiatan yang benar dibutuhkan oleh masyarakat. Pembangunan infrastruktur harus dilakukan secara merata, terutama pembangunan dasar. ‘’Sesuai tupoksinya silakan TAPD dan Banggar membahasnya. Jika semua sudah pas, barulah disahkan menjadi APBD Seluma 2020,’’ ujarnya.

Sementara itu sesuai jadwal, Rabu (20/11) DPRD Seluma kembali akan menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pandangan umum fraksi terhadap nota pengantar keuangan yang telah disampaikan Bupati Seluma. ‘’Ya besok (hari ini,red) kita akan rapat lagi dengan agenda tersebut. Lalu Kamis (21/11) kita rapat lagi dengan agenda tanggapan eksekutif terhadap pandangan umum fraksi terhadap nota keuangan yang telah disampaikan bupati tersebut,’’ demikian Waka II DPRD Seluma, Ulil Umidi, S.Sos, M.Si usai sidang. (aba)

Berita Lainnya

Bacok 4 Warga Serambi Gunung, Pelaku Tewas Ditangan Massa

TALO- Insiden berdarah dan berujung maut terjadi di Desa Serambi Gunung, Kecamatan Talo, Senin (9/12) ...

error: Content is protected !!