Sabtu , 14 Desember 2019
Home / Metropolis / Prioritaskan Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat

Prioritaskan Dana Desa untuk Pemberdayaan Masyarakat

Syahroni

BENGKULU – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Bengkulu H. M Syahroni, S.SoS, mengingatkan desa untuk menggunakan Dana Desa (DD) dengan fokus kepada pemberdayaan masyarakat. Hal ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. Sampai saat ini realisasi DD di Provinsi Bengkulu masih banyak ke infrastruktur.

“Sesuai instruksi pusat, kita mengimbau untuk lebih mengutamakan pemberdayaan masyarakat. Akan tetapi itu kembali desa masing-masing, karena desa sendiri yang menentukan kami sendiri tidak bisa untuk mengintervensi terlalu jauh,” kata Syahroni.

Lanjutnya, meskipun presiden sudah menginstruksikan langsung agar dana desa lebih untuk mengutamakan pemberdayaan masyarakat, namun Dinas PMD Provinsi Bengkulu melihat bahwa memang untuk realisasi DD tahun 2019 ini masih banyak digunakan untuk pembangunan infrastruktur fisik.

“Dari pantauan kita untuk pembangunan fisik dianggarkan sekitar 65 sampai 70 persen dari total DD yang dimiliki setiap desa. Pemberdayaan masyarakat masih sangat minim,” jelasnya.

Jumlah desa yang ada di Provinsi Bengkulu ada 1.341 desa, tersebar di 9 kabupaten. Pada tahun ini total dana desa yang dikucurkan ke Provinsi Bengkulu sekitar Rp 1,3 triliun. Ada kenaikan rata-rata sekitar Rp 18 juta setiap desa. Pada tahun 2020 mendatang alokasi DD untuk Provinsi Bengkulu diprediksi bertambah. Ada kenaikan sebesar Rp 2 miliar untuk anggaran DD dari pemerintah pusat.

Sehingga diperkirakan ada kenaikan DD sekitar rata-rata Rp 20 juta untuk setiap desanya. Syahroni berharap untuk tahun 2020 desa lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan dana desa. Mampu melihat potensi desa yang bisa dikembangkan, dan juga memahami kondisi yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Kades harus benar-benar pandai dalam melihat situasi dan kondisi di desanya. Apalagi saat ini pemerintah pusat lebih mengutamakan adanya pemberdayaan SDM di masyarakat ketimbang dengan pembangunan fisik,” demikian Syahroni.(key)

Berita Lainnya

Giliran Mantan Kadis dan Kabid PUPR Buka Suara Soal Tudingan Peras Kontraktor Taman Berendo

BENGKULU –  Adanya surat laporan kontraktor proyek pembangunan Taman Berendo yang bergulir ke Kejaksaaan Agung ...

error: Content is protected !!