Kamis , 12 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gelar Workshop Waspada Bencana

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gelar Workshop Waspada Bencana

WORKSHOP: BPBD Bengkulu Selatan menggelar workshop waspada bencana, Rabu (20/11). (foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan gelar workshop Kajian Kebutuhan Pasca Bencana, Rabu (20/11).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan itu, dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Bengkulu Selatan, Novman Ahmad Ali, SE.

Dalam kesempatan itu Novman mengatakan workshop harus benar-benar diikuti dengan serius layaknya sedang terjadi bencana. Karena itu penguatan sumber daya manusia sangat perlu. Juga sinergisitas instansi terkait dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana perlu kerjasama yang baik.

Jadi lanjut Novman, ia menginginkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan selalu waspada. Sebab biasanya usai musim kemarau sangat rentan terjadinya longsor.

“Jalani pelatihan ini dengan baik. Kewaspadaan jadi kunci utama. Dan selalu bangun kerjasama yang baik antar instansi,” papar Novman.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan, Yarusdi Yunir, mengatakan saat ini kondisi cuaca baik di darat, laut dan udara sulit diprediksi. Pasalnya, bencana yang timbul datang dengan tiba-tiba. Baik karena hujan lebat hingga angin kencang dan longsor.

“Intinya pelatihan ini untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana. Karena itu pelatihan ini sangat penting. Nantinya disosialisasikan pada masyarakat,” tandasnya.

Workshop tersebut diikuti 50 peserta yang melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Basarnas, dan perwakilan dinas dan intstansi terkait lainnya.  Adapun narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bengkulu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rejang Lebong.(tek)

Berita Lainnya

Pengaruh Miras, Warga Talang Berangin Nekat Curi Truk

KOTA MANNA-  Akibat pengaruh minuman keras, Frengky (19) warga Desa Talang Berangin, Kota Manna, nekat ...

error: Content is protected !!