Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Bantuan Operasional Pendidikan Tahap II Ngadat

Bantuan Operasional Pendidikan Tahap II Ngadat

KOTA BINTUHAN – Kendati sudah memasuki akhir bulan November, namun hingga saat ini Bantuan Operasional Pendidikan tahap kedua belum juga terealisasi. Padahal sudah sejak bulan Oktober 2019 yang lalu Dispendik Kaur menyampaikan laporan penggunaan Bantuan Operasional Pendidikan tahap pertama ke Badan Keuangan Daerah Kaur.

“Untuk laporan sudah kita sampaikan namun, belum juga cair karena dananya belum masuk. Untuk itu kita imbau PAUD penerima untuk sabar karena masih dalam proses,” kata Kabid Paudni Dispendik Kaur Tardi Setiawan.

Untuk diketahui pada tahun ini ada 157 PAUD yang memenuhi syarat mendapatkan Bantuan Operasional Pendidikan di Kabupaten Kaur. Anggaran Bantuan Operasional Pendidikan tahun ini Rp 1,7 miliar, baru direalisasikan 50 persen. Besaran Bantuan Operasional Pendidikan yang diterima setiap PAUD tergantung dengan jumlah murid. Per muridnya Rp 600 ribu per tahun.

Berdasarkan data, untuk di Kecamatan Nasal ada 17 PAUD yang mendapatkan bantuan. Di Kecamatan Maje ada 20 PAUD, Kaur Selatan 16 PAUD, Kecamatan Tetap 9 PAUD. Kecamatan Semidang Gumay dan Kaur tengah masing-masing 9 PAUD,  Kecamatan Muara Sahung 6 PAUD.

Kecamatan Kinal ada 7 PAUD, Kecamatan Luas dan Lungkang Kule masing-masing 6 PAUD. Kecamatan Pagulir 5 PAUD, Kecamatan Tanjung Kemuning 21 PAUD. Sementara Kecamatan Kelam Tengah 10 PAUD dan Kaur Utara ada 11 PAUD. Setiap PAUD menerima bantuan mulai dari Rp 3,5 juta hingga Rp 10 juta per PAUD di tahap pertama lalu.

Terkait bantuan Bantuan Operasional Pendidikan, Badan Keuangan Daerah Kaur mengakui kalau laporan pertanggungjawaban Bantuan Operasional Pendidikan tahap pertama telah masuk dan diajukan ke Kementerian Keuangan. Namun hingga saat ini masih dalam proses. Sehingga dana Bantuan Operasional Pendidikan tahap kedua, 50 persen dari Rp 1,7 miliar belum masuk kasda.

“Kita masih menunggu saat ini, karena Bantuan Operasional Pendidikan belum masuk Kasda jadi belum bisa kita realisasikan. Jika sudah ada  baru kita sampaikan untuk proses pencairan,” kata Kasi Anggaran Badan Keuangan Daerah Kaur Amir kepada RB. (cik)

Berita Lainnya

Razia Warnet, Polres Kaur Amankan Lima Pelajar yang Kedapatan Bolos

KOTA BINTUHAN – Unit Sat Sabhara Polres Kaur Selasa (24/2) siang, melakukan patroli ke warnet …