Jumat , 13 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Gugatan Pilkades Air Sebakul Ditolak

Gugatan Pilkades Air Sebakul Ditolak

Jaka Santoso

BENTENG – Gugatan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Air Sebakul, Kecamatan Talang Empat diputuskan panitia Pilkades tingkat Kabupaten tidak bisa dilanjutkan atau ditolak. Karena, panitia menilai materi gugatan tidak bisa dibuktikan dengan jelas oleh pihak penggugat. Kabag Pemerintahan Setdakab Bengkulu Tengah, Drs. Jaka Santoso menjelaskan pihaknya dalam memutuskan laporan dugaan pelanggaran Pilkades tidak hanya satu sisi saja. Mereka juga memantau langsung di lapangan dan mencari bukti atas kebenaran dari laporan yang masuk.

“telah dilakukan investigasi, hasilnya tidak sesuai dengan laporan,” jelas Jaka.

Yang dimaksud Jaka, adalaah poin yang dilaporkan antara lain adalah dugaan money politik tidak terbukti. Karena, hal tersebut minim saksi dan barang bukti. Selanjutnya ada dugaan penyalahgunaan fasilitas negara juga tidak bisa dibuktikan. karena, semua calon kades di Desa Air Sebakul tidak ada yang menjabat sebagai pejabat negara.

Untuk hasil ini, juga akan disampaikan tertulis dan menjadi satu-satunya laporan yang masuk ke panitia pilkades tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah yang didaftarkan di hari terakhir yakni Selasa (19/11) lalu.

Selanjutnya panitia juga menjadwalkan pelantikan Kades terpilih yang akan dilaksanakan dalam tahun ini juga.

“Paling lambat akhir tahun, kami sedang menyusun jadwal pastinya,” demikian Jaka.

Untuk diketahui, sebelumnya 4 orang calon kades Air Sebakul melalui Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) melalorkan dugaan pelanggaran Pilkades di Desa Air Sebakul. Laporan juga disampaikan secara tertulis dan sudah selesai ditindaklanjuti oleh panitia di Bagian pemerintahan. Yang tidak menemukan bukti pelanggaran.(vla)

Berita Lainnya

Linmas Kembali ke Desa

BENTENG – Tahun 2020, petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) akan dikembalikan ke pemerintah desa, sesuai tugasnya ...

error: Content is protected !!