Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Tersisa 2 Desa Belum Cairkan Dana Desa

Tersisa 2 Desa Belum Cairkan Dana Desa

DANA DESA: Nampak warga tengah membangun jalan rabat beton di Kinal, pekerjaan ini bersumber dari dana desa. (foto:albertus/rb)

KOTA BINTUHAN –  Target Pemkab Kaur menyerap anggaran dana desa 100 persen bakal terwujud. Sebab saat ini tersisa dua desa lagi dari 192 desa yang belum mencairkan dana desa tahap akhir. Dua desa tersebut adalah Desa Pengurung Kecamatan Kinal dan Desa Air Jelatang Kecamatan Maje. Total dana desa yang belum dicairkan untuk dua desa itu Rp 592 juta. Sedangan total dana desa yang sudah terserap sepanjang tahun 2019 ini berjumlah 145,9 miliar dari total keseluruhan Rp 146,4 miliar. “Untuk saat ini hanya dua desa lagi yang kita tunggu penyerapannya dan sudah kita minta PMD untuk melakukan pengecekan terkait kendala hingga dana desa dua desa belum dicairkan. Kita berharap dana desa tahun 2019 ini bisa terserap 100 persen, sehingga pembangunan dana desa untuk desa bisa maksimal,” kata Kepala BKD Kaur Alian Suhadi.

Penyerapan dana desa tahun ini diakui cukup cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kendati demikian Dinas PMD dan Inspektorat diminta untuk benar-benar melakukan pengawasan. Jangan sampai nantinya ada temuan penggunaan dana desa yang fiktif dan lainnya. Pihak BKD juga meminta agar verifikasi penggunaan dana desa harus turun hingga ke lapangan. Mengecek langsung bangunan yang ada.

Terpisah Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kaur Doni Rasfino saat dikonfirmasi kemarin mengaku kalau pihaknya sudah merekomendasi pencairan untuk 191 desa di Kaur. Bahkan pihaknya mengakui masih ada satu desa yang belum mengajukan pencairan. Yaitu Desa Pengurung Kecamatan Kinal. Kendati demikian mereka sudah meminta desa tersebut mengajukan pencairan dengan menyiapkan SPj penggunaan dana desa tahap pertama dan kedua tahun 2019.

“Untuk PMD sudah merekomendasikan 191 desa dan saat ini tinggal Pengurung yang belum kita rekomendasikan. Apa kendalanya akan kita cek dulu melalui pendamping desa dan pihak verifikasi di Kecamatan Kinal,” pungkas Doni kepada RB. (cik)

Berita Lainnya

Jelang Pilkada, Polisi Jaga Stamina

KOTA BINTUHAN – Jelang pengamanan Pilkada 2020 ini, anggota Polres Kaur dan jajarannya tidak hanya …