Rabu , 29 Januari 2020
Home / Daerah / Kaur / Kejari Kaur dan Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Gelar Rakor Awasi Aliran Kepercayaan

Kejari Kaur dan Tim Pengawas Aliran Kepercayaan Dan Aliran Keagamaan Gelar Rakor Awasi Aliran Kepercayaan

RAKOR: Nampak Kajari Kaur saat memimpin rakor dengan tim Pakem di aula Kejari Kaur Jumat (22/11). (foto;albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Dalam rangka mengantisipasi adanya aliran sesat di wilayah Kabupaten Kaur, Jumat (22/11) Kajari Kaur Tati Vian Sitanggang, SH, MM memimpin langsung rapat koordinasi pengawas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan Kabupaten Kaur. Kegiatan ini untuk melakukan pengawasan aliran kepercayaan di masyarakat jangan sampai ada yang sesat dan sebagainya.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kabag Kesra Pemkab Kaur Robi Antoni, Kepala Kesbangpol Deki Zulkarnain. Kemudian Ketua MUI Kaur Wahyu Datsi, Ketua FKUB H. Mulis Kayum perwakilan dari Polres Kaur, Dandim 0408 Bengkulu Selatan dan juga tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat yang ada di Kaur.

Dalam kesempatan itu Kajari Kaur menegaskan kalau kejaksaan selain penegakan hukum, kejaksaan juga mempunyai tugas menyelenggarakan keamanan dan ketertiban umum. Dalam melaksanakan tugas tersebut kejaksaan menyelenggarakan program  pengawasan aliran kepercayaan dan keagamaan masyarakat baik tingkat pusat dan daerah.

“Saya berharap ke depan para anggota tim pengawas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan bersama para tokoh agama dan masyarakat lebih memahami terkait pengawasan aliran kepercayaan di wilayah Kabupaten Kaur. Dan kita ingin koordinasi ini terus terjalin lebih baik lagi ke depan dalam rangka upaya pengawasan aliran kepercayaan ini.” kata Kajari. Lebih lanjut Tati, mengatakan kegiatan pengawasan aliran kepercayaan dan keagamaan merupakan wewenang kejaksaan dalam rangka ketertiban dan ketentraman umum guna untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya konflik antar internal penganut kepercayaan. Dan juga mencegah terjadinya penistaan agama terhadap salah satu agama guna menjaga kestabilan keamanan masyarakat.

Sementara itu Kabag Kesra Pemkab Kaur Robi Antoni saat dikonfirmasi mengakui kalau sampai saat ini belum ada ajaran atau aliran sesat di Kaur. Bahkan pihaknya mengajak semua tim pakem yang ada di Kaur untuk terus meningkatkan koordinasi dan melakukan pembinaan terhadap ormas-ormas yang ada di Kaur.  Dengan tujuan agar mereka tetap sesuai dengan ajaran agama dan NKRI.

“Kita juga sebagai tim pengawas aliran kepercayaan dan aliran keagamaan menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan jika ada temuan atau hal-hal aneh kegiatan agama di Kaur yang tidak biasa. Nanti kita akan turun jangan sampai nantinya kegiatan itu menimbulkan keresahan di masyarakat dan konfilik antar umat beragama. Untuk Kaur sampai saat ini alhamdulilah masih aman,” kata Robi Antomi kepada RB. (cik)

Berita Lainnya

Bupati Turun Tangan Selesaikan Persoalan PT DPM

KOTA BINTUHAN – Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos, M.AP Selasa (27/1) sekitar pukul 10.00 WIB ...

error: Content is protected !!