Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Kepahiang / Jelajah Batu Ampar Gelar Lomba Menulis

Jelajah Batu Ampar Gelar Lomba Menulis

JALUR: Tampak tim pemuda Desa Batu Ampar, Sabtu (23/11), melakukan survey jalur kegiatan Jelajah Batu Ampar. Rencananya akan digelar Desember mendatang. (foto : arie/rb)

KEPAHIANG – Mempromosikan potensi alam yang dimilik, Pemerintah Desa Batu Ampar Kecamatan Merigi melalui Karang Taruna Desa Batu Ampar, berencana menggelar kegiatan Kemah Hijau. Kegiatan ini rencananya digelar pertengahan Desember. Salah satu kegiatannya yakni Jelajah Alam Batu Ampar yang digelar terbuka untuk pemuda, mahasiswa dan pelajar.

Kegiatan Jelajah Batu Ampar ini, nanti pihak desa akan gelar lomba menulis dan fotografi sembari peserta melakukan penjelajahan desa sesuai dengan jalur yang telah ditentukan panitia. Jalur tersebut akan melintasi beberapa potensi yang dimiliki desa mulai dari wisata air terjun Donok, perkebunan kopi, penyulingan aren, central rebung, dan lainnya.

“Jelajah Alam Batu Ampar ini bukan lomba jelajah alam biasa. Karena kita tidak fokus menilai kecepatan peserta yang akan ikut nantinya. Para peserta nanti akan diminta menulis dan mengambil foto dalam perjalanan jalurnya. Hasil tulisan dan foto itu nantia yang dinilai,” terang Kepala Desa Batu Ampar, Harwan Iskandar.

Panitia sudah siapkan hadiah berupa uang tunai dan trophy untuk tim peserta yang berhasil menjuarai lomba tersebut. Lanjut Harwan, lomba menulis dan fotografi memiliki penilaian terpisah, dengan melibatkan beberapa jurnalis lokal sebagai juri lomba.

“Jadi yang difokuskan dalam kegiatan ini adalah tulisan dan fotonya, bukan kecepatannya tiba di finish. Tulisan yang dinilai tentu sesuai dengan kaedah penulisan yang berlaku. Sementara untuk fotografi, kita menilai pada foto jurnalistiknya. Untuk tulisan dan foto peserta yang menang akan di-publish di website desa batuampar.id,” jelas Harwan.

Ditambahkan Harwan, selain menggelar kegiatan jelajah alam, dalam kegiatan Kemah Hijau tersebut, juga digelar kegiatan penghijauan dan pameran potensi desa. “Kegiatan ini dibentang sebagai wadah promosi desa agar masyarakat luar, bisa lebih mengenal desa kami. Dengan banyaknya peserta yang ikut rangkaian kegiatan ini, mereka nanti kita harapkan bisa menceritakan kepada lingkungan, bahwa ada desa yang memiliki potensi komplit seperti desa kami ini,” demikian Harwan.(sly)

 

Berita Lainnya

CJH Diingatkan Syarat dan Rukun Wajib Ibadah Haji

KEPAHIANG – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang, Senin (24/2) menggelar kegiatan pra manasik haji terhadap …