Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Lebong / Stok Beras Aman Sampai Akhir Tahun

Stok Beras Aman Sampai Akhir Tahun

BANTUAN: Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si menyerahkan bantuan beras batet hasil panen kedua kepada masyarakat.(foto: aris/rb).

LEBONG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lebong memastikan stok beras di Kabupaten Lebong masih aman. Bahkan tidak hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir tahun. Stok beras yang dititipkan di gudang Bulog Rejang Lebong masih cukup hingga 2 bulan ke depan. ‘’Itu artinya sampai masuk masa tanam tahun depan stok beras kita masih cukup,’’ kata Sekretaris DKP Kabupaten Lebong, Indra Gunawan, M.Si, Minggu (24/11).

Guna menjamin stok beras di Lebong, DKP juga terus memantau kondisi stok gabah yang ada di beberapa gudang penampung dan penggilingan padi di Kabupaten Lebong. Dengan kondisi Lebong yang baru saja panen padi batet, rata-rata tiap gudang penampung telah belasan ton gabah. ‘’Kalau gudang penggilingan padi, saya rasa ada puluhan. Namun kami hanya memantau ke limq penggilingan besar,’’ jelas Indra.

Salah satu langkah antisipasi kekurangan bahan pokok beras, DKP terus berkoordinasi dengan kelompok tani dan para pengusaha penggilingan padi agar memprioritaskan penjualan beras di pasar lokal. Dalam artian tidak menjual beras dalam jumlah besar-besaran ke luar Lebong. Itu untuk memastikan peredaran gabah dan beras di tengah masyarakat Lebong tidak terganggu. ‘’Insya Allah beberapa Kelompok Tani (Poktan) dan pengusaha penggilingan padi sudah berkomitmen mendukung program itu,’’ papar Indra.

Terpisah, Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, S.IP, M.Si mengingatkan agar petani tidak menjual beras secara besar-besaran ke luar daerah. Walaupun di satu sisi para petani bisa mendapatkan untung yang lebih tinggi ketika menjual beras ke luar, namun tanpa disadari stok beras lokal akan menipis. ‘’Kalau sampai langka, tentunya yang akan rugi ya kita sendiri. Pemerintah terpaksa harus impor dari luar daerah dan pastinya harga akan jauh lebih mahal,’’ tukas Bupati.(sca)

Berita Lainnya

Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

PELABAI – Kekosongan jabatan pimpinan di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara pascaditahannya DC (38) ...

error: Content is protected !!