Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Bangun Tahura, Hasilkan PAD

Bangun Tahura, Hasilkan PAD

JALUR: Jalur khusus untuk pejalan kaki di Tahura saat ini sudah bisa dimanfaatkan karena telah selesai dibangun oleh Disparbud Bengkulu Tengah,(foto: fintah/rb).

BENTENG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Tengah, memberikan lampu hijau lanjutan pembangunan Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo di Desa Tajung Terdana Kecamatan Pondok Kubang. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Bengkulu Tengah, Budi Suryantono.

“Di Tahura sudah pindah atau ditempati oleh dua OPD,” terangnya.

Dijelaskannya, OPD tersebut adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan juga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bengkulu Tengah. Peningkatan sarana untuk Tahura juga diakui Budi tidak lepas dari peningkatan dan pengembangan berbagai objek wisata yang ada di Bengkulu Tengah. Tahura merupakan salah satu yang bisa diandalkan untuk menjadi lokasi wisata. Dari segi letak dan kondisinya, sangat terbuka peluang untuk menjadi wisata penyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi, lokasi objek wisata alam seperti Tahura dekat sekali dengan ibu kota Provinsi Bengkulu. “Untuk peningkatan sarana sudah mulai dianggarkan,” ujarnya.

Harapan yang sama juga diakui oleh Kadisparbud Bengkulu Tengah, Gunawan Wibisana rifki, Mh. Dikatakannya, pihaknya siap mengelola Tahura agar menjadi aset penyumbang PAD. Banyak sumber PAD yang bisa diperoleh dari Tahura. Antara lain dari jasa retribusi parkir, jasa pengunjung melalui pusat jajanan dan lainnya. Namun, Gunawan berharap agar perbaikan dan peningkatan sarana yang ada juga bisa maksimal. Bersama DLH Bengkulu Tengah, diakui Gunawan pihaknya juga siap untuk menjaga dan memajukan lokasi Tahura.

saat ini, Tahura sudah mulai banyak dikunjungi terutama di akhir pekan. Ditargetkan tahun 2020 mendatang, sudah banyak event yang digelar di Tahura.

“Potensi wisata alam Tahura bisa memberikan manfaat positif jika dikelola dengan baik,” demikian Gunawan.(vla)

Berita Lainnya

DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

BENTENG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Bengkulu ...

error: Content is protected !!