Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Calon Jemaah Haji Meninggal, Keluarga Berhak Gantikan

Calon Jemaah Haji Meninggal, Keluarga Berhak Gantikan

BENTENG – Jika ada Calon Jemaah Haji (CJH) usim keberangkatan tahun 2020 meninggal dunia, maka keluarga  terdekatnya berhak menggantikan.

“Bagian keluarga terdekat kami sarankan kalau memang ada niat menggantikan untuk berangkat haji,” terang Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, H. Sipaun Miniarti, MH.

Kejadian CJH meninggal dunia sebelum berangkat haji belum ditemukan di Bengkulu Tengah. Namun, tidak ada salahnya, menurut Sipuan hal itu disampaikan kepada warga.

Jika memang tidak ada lagi keluarga terdekat yang bisa menggantikan,maka bisa juga digantikan oleh CJH yang masuk daftar tunggu di bawahnya. Saat ini jumlah daftar tunggu CJH berdasarkan urutan di Kantor Kemenag Bengkulu Tengah, sudah mencapai 1.300 orang. Kuota CJH untuk Bengkulu Tengah per tahunnya 117 orang. Maka jika ada warga yang mendaftar naik haji sekarang, baru bisa berangkat 13 tahun kedepan.

Semakin hari, jumlah pendaftar CJH juga semakin bertambah. Hal ini dikarenakan pendaftaran CJH di Kabupaten Bengkulu Tengah, sudah tiga tahun terakhir dikelola melalui Sistem Komputerisasi Haji (Siskohaj). Sebelumnya, CJH Bengkulu Tengah masih harus menginduk dan bergabung bersama CJH asal Kabupaten Bengkulu Utara.

Namun, jika ada penambahan kuota haji seperti sebelum keberangkatan haji musim ini, maka hal tersebut bisa langsung diterapkan untuk jemaah sesuai daftar urut yang siap berangkat.(vla)

Berita Lainnya

DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

BENTENG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Bengkulu ...

error: Content is protected !!