Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Lahan Relokasi Desa Genting, Tahun 2020

Lahan Relokasi Desa Genting, Tahun 2020

BENTENG – Rencana relokasi 167 Kepala Keluarga (KK) Desa Genting Kecamatan Bang Haji oleh Pemkab Bengkulu Tengah, sepertinya akan terwujud. Sebab tahun depan Pemkab menganggarkan dana untuk pengadaan lahan relokasi. Pengadaan lahan ini menjadi tugas yang dibebankan oleh pemerintah pusat kepada Pemkab Bengkulu Tengah.

Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Samsul Bahri, S.Pd, MM menjelaskan pengadaan lahan ini sedang mereka rancang. Setelah diadakannya pertemuan ulang dengan BNPB Pusat, terkait dengan pengaturan relokasi warga di Desa Genting yang terdampak bencana 4 bulan lalu. “Rencananya memang di tahun 2020 penyediaan lahan relokasi,” katanya.

Dijelaskan Samsul, pendataan ulang diperintahkan pemerintah pusat bukan hanya untuk relokasi warga Desa Genting ke tempat baru. Namun juga untuk kerusakan lain yang belum diperbaiki pasca kejadian bencana alam lalu.

Sementara itu, Camat Hang Haji, Iswahyudi, S.Sos menyampaikan bahwa dari penuturan warga, Desa Genting yang menjadi desa terparah saat bencana alam lalu. Dengan kerusakan bangunan rumah penduduk mencapai 90 persen, semuanya siap untuk pindah ke lokasi baru. Namun, warga berharap pemerintah membantu pengadaan lahan yang akan menjadi pusat pemukiman baru nanti.

Saat ini, pemukiman warga yang dekat sungai dikhawatirkan bisa kembali terkena banjir bandang seperti beberapa waktu lalu. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. “Untuk lokasi relokasi tentunya di lahan yang bisa aman dari bencana banjir,” demikian Camat.(vla)

Berita Lainnya

DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

BENTENG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Bengkulu ...

error: Content is protected !!