Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / OPD Dibebani Turunkan Kemiskinan

OPD Dibebani Turunkan Kemiskinan

SIAPKAN PROGRAM: Seluruh OPD dikumpulkan dan diminta menyiapkan program untuk pengentasan kemiskinan tahun 2020. (foto:shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Bupati Bengkulu Utara, Ir. H. Mian dan Wabup Arie Septia Adinata memimpin rapat tim penanggulangan kemiskinan untuk menekan angka kemiskinan di Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2020. Dalam rapat kemarin seluruh OPD di jajaran Pemkab Bengkulu Utara dikumpulkan.

Setiap tahun Pemkab Bengkulu Utara mengalami penurunan angka kemiskinan. Terakhir tahun 2018 sebanyak 11,4 persen. Meski belum dilakukan audit oleh BPS, namun bupati yakin angka kemiskinan tahun 2019 ini akan turun. Ia meminta seluruh OPD menyiapkan program-program yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kita fokus pada program-program yang bersentuhan dengan masyarakat. Kemiskinan tidak bisa jika hanya ditangani Dinas Sosial, makanya seluruh OPD saya kumpulkan,” terangnya.

Ia menuturkan program pembangunan infrastruktur terbukti bisa menurunkan angka kemiskinan. Namun tahun depan, APBD Bengkulu Utara untuk infrastruktur menurun dari Rp 100 miliar menjadi Rp 54 miliar karena keterbatasan anggaran. “APBD kita banyak tersedot untuk pelaksanaan pilkada yang memang harus kita penuhi,” ujarnya.

Untuk infrastruktur sendiri, Pemkab Bengkulu Utara mendapatkan bantuan dana Rp 80 miliar dari APBN. Dengan membaiknya infrastruktur maka akan mengurangi pengeluaran masyarakat terutama terkait angkutan hasil perkebunan.   “Jadi total dana kita untuk infrastrutkur memang cukup besar,” terangnya.

Selain itu, ia meminta seluruh OPD menyiapkan program langsung pada masyarakat. Seperti bantuan bibit tanaman, bantuan ternak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. “Seluruh OPD harus mengimbangi dengan program-program. Karena kemiskinan itu permasalahan seluruh masyarakat, bukan hanya satu OPD. Makanya kita kumpulkan seluruh OPD,” tegas Mian.(qia)

Berita Lainnya

Pesawat 9 Penumbang Kembali Menuju Enggano

ARGA MAKMUR – Meskipun hanya satu kapal motor yang bisa mengangkut penumpang dari Kota Bengkulu ...

error: Content is protected !!