Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pemerintah Kabupaten Akan Cek Realiasi Badan Usaha Milik Desa

Pemerintah Kabupaten Akan Cek Realiasi Badan Usaha Milik Desa

Budi Sampurno

ARGA MAKMUR – Sudah tiga tahun ini, desa-desa mengalokasikan Dana Desa untuk pelaksanaan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa. Besaran dana cukup bervariasi hingga Rp 150 juta per tahun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bengkulu Utara, Ir. Budi Sampurno mengatakan akan melakukan mengecekan kelangsungan BUMDes yang ada di desa-desa. Minimal mengetahui perkembangan masing-masing Badan Usaha Milik Desa setelah tiga tahun mendapatkan kucuran dana.

“Kita akan cek, kita ingin memastikan setiap Badan Usaha Milik Desa beroperasi dan berhasil dalam menciptakan lapangan kerja lokal,” terangnya.

Ia menuturkan ada beberapa Badan Usaha Milik Desa yang memang sudah maksimal menghasilkan keuntungan. Sehingga keuntungan yang masuk bisa menambah modal untuk pengembangan BUMDes, selain yang bersumber dari Dana Desa.“Namun ada juga yang sepertinya jalan di tempat, dan akan kita bimbing sehingga bisa lebih maju lagi,” jelasnya.

Badan Usaha Milik Desa bukan hanya dirancang untuk menyerap tenaga kerja lokal. Namun Badan Usaha Milik Desa juga diharapkan bisa menambah pendapatan desa sehingga menjadi salah satu sumber masukan dari desa selain Dana Desa, dan bisa dimanfaatkan untuk pembangunan.

“Banyak contoh desa-desa yang Badan Usaha Milik Desa nya berkembang, bahkan keuntungannya lebih besar dari Dana Desa yang diterima. Ini tentunya harus kita bimbing sehingga tidak ada Badan Usaha Milik Desa yang merugi,” tutur Budi.(qia)

Berita Lainnya

Perubahan Nomenklatur Ada Pejabat Bakal Nonjob

ARGA MAKMUR – DPRD Bengkulu Utara akan membahas nomenklatur baru beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Diantaranya ...

error: Content is protected !!