Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pemerintah Kabupaten Optimis Bisa Meraih Dana Insentif Daerah Rp 40 Miliar

Pemerintah Kabupaten Optimis Bisa Meraih Dana Insentif Daerah Rp 40 Miliar

TAMU: Asisten II Setdakab Mukomuko Drs. H. Novizar Eka Putra saat menyambut tamu dari KIPD Bengkulu. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko mengaku optimis dengan upaya maksimal yang dilakukan, bisa mendapat dana insentif daerah hingga Rp 40 miliar. Bahkan bisa berpeluang lebih dari itu.

Diungkapkan Asisten II Setdakab Mukomuko, Drs. H. Novizar Eka Putra, Pemkab Mukomuko dibawah kepemimpinan Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH terus berusaha agar Kabupaten Mukomuko setiap tahun mendapakan opini wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan.

“Dengan ini terus dipertahankan, Pemkab Mukomuko akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Dalam hal ini Kementerian Keuangan, dana insentif daerah bertambah,” jelas Novizar.

Lanjut Novizar, potensi dana insentif daerah yang didapat bisa mencapai Rp 80 miliar, jika opini WTP bisa diraih lima kali berturut-turut. “Ini perkiraan. Jadi kalau bertahan tiga kali berturut-turut, bisa sampai Rp 40 miliar. Kalau empat kali berturut-turut bisa Rp 60 miliar. Ini yang terus dikejar Mukomuko,’’ terangnya.

Perlu diketahui, dana insentif daerah Mukomuko untuk tahun 2020 naik sekitar Rp 369,3 juta dibanding tahun 2019 meningkat jadi Rp 24,46 miliar dari tahun 2019 hanya Rp 24,09 miliar.

dana insentif daerah yang diperoleh Pemkab Mukomuko tahun 2020 itu bersumber dari tiga sektor. Yakni Rp 13,4 miliar dari kelompok kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah dalam kategori kemandirian daerah.

Lalu Rp 10,8 miliar dari sektor kelompok pelayanan dasar publik bidang pendidikan khusus kategori angka partisipasi murni. Dan sebesar Rp 250 juta diberikan untuk kategori mandatory spending. Yakni pemberian pusat yang sudah diatur undang-undang untuk mengurangi masalah ketimpangan sosial dan ekonomi daerah.

Sedangkan tahun 2019 dana insentif daerah yang diterima Mukomuko hanya dari sektor kesejahteraan Rp 12,67 miliar dan pelayanan dasar publik bidang pendidikan Rp 11,4 miliar.(hue)

Berita Lainnya

Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

MUKOMUKO – Gedung olahraga (GOR) akan siap dibangun di Mukomuko. Targetnya akam mampu menampung 6 ...

error: Content is protected !!