Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Penyaluran Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa

Penyaluran Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa

Gianto

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko merealisasikan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga. Dari 148 desa se-Kabupaten Mukomuko, hanya Desa Pondok Kopi Kecamatan Teras Terunjam belum disalurkan dana desa dan alokasi dana desa-nya tahap ketiga.

Sedangkan 147 desa lainnya, semuanya sudah disalurkan dari Rekening Kas Umum Daerah ke Rekening Kas Umum Desa. Sedangkan Desa Pondok Kopi disebabkan pengajuan dari pemerintah desa lamban.

“Sudah semua kecuali satu desa lagi. Yakni Desa Pondok Kopi,’’ terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mukomuko, Gianto, SH, M.Si.

Sekarang 147 desa diharapkan secepatnya menyerap dana desa dan alokasi dana desa tahap tiga. Mengingat jumlahnya masih terbilang besar, yakni 40 persen dari seluruh pagu yang didapat desa tersebut. Sementara waktu yang tersisa tinggal sekitar satu bulan lagi.

“Kita bersyukur seluruh dana desa, sebagian besar sudah kita salurkan. Kalau alokasi dana desa sudah lebih dulu disalurkan ke Rekening Kas Umum Desa ,” jelas Gianto.

Ia berharap Pemdes jangan hanya disibukkan dengan belanjakan dana desa dan alokasi dana desa tahap ketiga. Mengingat tidak lama lagi bakal memasuki tahun 2020. Maka Pemdes juga harus fokus dan serius menuntaskan seluruh tahapan penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja desa.

Supaya seluruh desa sudah bisa mengesahkan APBDes menjadi peraturan desa sebelum berakhirnya tahun 2019. Sehingga Januari Pemdes sudah dapat menyampaikan pengajuan pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahap pertama tahun anggaran 2020.

“Semakin cepat tuntas Perdes APBDes, desa akan semakin cepat pula dapat menyiapkan administrasi keperluan pengajuan pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2020. Jadi cepat pula Pemdes bisa memulai kegiatan yang suda diprogramkan,” jelas Gianto.

Untuk tahapan pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahun 2020, tambah Eka, saat ini masih seperti sebelumnya. Pencairan dana desa dan alokasi dana desa dibagi tiga tahap. Pada tahap pertama desa hanya bisa mengajukan pencairan untuk 20 persen dari total pagu dana desa dan alokasi dana desa masing-masing desa.

Sedangkan tahap kedua dan ketiga masing-masing tahapan caor sebesar 40 persen. ‘’Sementara ini masih sama seperti tahun ini. 20 persen, 40 persen dan 40 persen,” demikian Gianto.(hue)

Berita Lainnya

Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

MUKOMUKO – Gedung olahraga (GOR) akan siap dibangun di Mukomuko. Targetnya akam mampu menampung 6 ...

error: Content is protected !!