Sabtu , 7 Desember 2019
Home / Daerah / Kaur / Pria Kecamatan Tetap Terbanyak KB Metode Operasi Pria

Pria Kecamatan Tetap Terbanyak KB Metode Operasi Pria

KOTA BINTUHAN – Saat ini KB pria sudah mulai banyak diminati oleh pria di Kaur. Bahkan setiap tahunnya jumlah pria atau laki-laki usia subur yang ikut program KB Metode Operasi Pria (MOP) terus meninggkat. Pada tahun 2019 ini saja jumlah pria yang ikut program MOP di Kaur sudah mencapai 77 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2018 yang lalu hanya hanya 55 orang.

Kendati demikian tidak semua pria bisa ikut program ini. Ada beberapa syarat jika ingin ikut program KB pria. Yang pertama itu sudah mendapatkan izin dari istri dan keluarga yang lainnya. Kemudian usia subur dan anak sudah cukup. Kemudian ada alasan jelas jika ingin ikut program ini dan setiap pria yang ikut program ini harus benar-benar diseleksi.

“Yang pasti sekarang kita tidak lagi sembarangan memberikan KB pria dan harus kita lihat betul alasannya. Termasuk keinginan istri atau tidak dan sebagainya. Karena kita tidak ingin nantinya sengaja ikut KB pria dan untuk penggunaan yang lainnya,” kata Kabid KB Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kaur Sastriana.

Berasarkan data KB pria saat ini, dari 15 kecamatan yang ada di Kaur pria yang paling banyak menggunakan KB pria di Kaur adalah di Kecamatan Tetap. Saat ini jumlah peserta KB pria di Kecamatan Tetap tahun ini saja mencapai 24 orang. Kemudian disusul oleh Kecamatan Luas yang sudah mencapai 13 orang. Sementara kecamatan lainnya kecuali Kelam Tengah dan Nasal sudah ada pria yang ikut KB MOP tahun ini.

KB pria atau MOP ini adalah program KB permanen yang dapat membuat pria tidak lagi punya keturunan. Karena ada pemotongan aliran sperma. Kendati demikian, saat ini bagi pria yang ikut KB pria jika ingin kembali normal bisa dilakukan lagi dengan cara operasi. Untuk itu pria yang ikut KB pria ini adalah mereka yang sudah tidak ingin punya keturunan lagi.

“Untuk penggunaan KB pria sama saja dengan biasanya, hanya tidak lagi bisa membuat istrinya hamil. Dan ini di Kaur sudah banyak peminatnya program ini karena banyak manfaatnya. Karena tidak setiap wanita atau istri yang cocok dengan KB,” pungkas Sastriana.

Untuk tahun ini jumlah pria yang ikut KB MOP dipastikan lebih dari 77 pria, karena beberapa pria lagi sudah ada yang siap program KB MOP. Sementara untuk KB permanen wanita atau MOW sampai saat ini di Kaur jumlahnya mencapai 122 orang. Karena di Kaur wanita paling banyak menggunakan KB suntik dan implant untuk saat ini ketimbang kondom. (cik)

Berita Lainnya

Sempat Berobat ke Krui, Kakek 60 Tahun Tewas di Kebun

MAJE– Seorang kakek, Luki (60) ditemukan tewas Jumat (6/12), pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Korban ...

error: Content is protected !!