Minggu , 15 Desember 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Tambahan Penghasilan Tetap Dari Pusat, Rp 224,2 Juta

Tambahan Penghasilan Tetap Dari Pusat, Rp 224,2 Juta

MUKOMUKO – Pemerintah pusat memberikan dana tambahan untuk membantu pemberian penghasilan tetap kepala desa dan perangkatnya. Total pagu yang dialokasikan untuk Kabupaten Mukomuko, sebesar Rp 224,2 juta. Sehingga tambahan dana untuk penghasilan tetap Kades dan perangka setiap desa, tertinggi Rp 2,3 juta dan terendah Rp 792 ribu.

Dikatakan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mukomuko, Eka Purwanto, S.IP, M.Si, dana tambahan Siltap dari pusat itu dibagi sesuai petunjuk dari Kementerian Keuangan. Pembagian disesuaikan dengan skor dan bobot yang diraih desa.

Pedoman skor dan bobot disesuaikan dengan klasifikasi desa. Ini memang sudah diatur Kemenkeu. Klasifikasinya, ada desa yang swasembada, swakarya dan swadaya.

Desa dengan klasifikasi swasembada terima pembagian yang lebih besar. Yakni Rp 2,3 juta. Sedangkan dengan klasifikasi desa swakarya mendapatkan Rp 1,5 juta. Dan klasifikasi terendah desa swadaya hanya diberikan sebesar Rp 792 ribu.

“Jadi desa swasembada, ia mendapatkan tiga kali lebih besar dari desa swasembada. Dan desa yang swakarya mendapatkan bagian dua kali lebih besar dari desa swadaya,” jelas Eka.

Dari 148 desa, hanya 14 desa yang mendapat klasifikasi desa swasembada. Dan terbanyak desa-desa di Kecamatan Ipuh yakni Desa Air Buluh, Tanjung Harapan dan Tanjung Jaya. Berikutnya desa-desa di Kecamatan Sungai Rumbai yakni Desa Retak Mudik, Gajah Mati dan Mekar Sari.

Yang lain Desa Ranah Karya Kecamatan Lubuk Pinang, Desa Tanah Rekah Kecamatan Kota Mukomuko, dan Desa Mekar Jaya Kecamatan Teras Terunjam.

Lalu Desa Semambang Makmur Kecamatan Malin Deman, Desa Bukit Mulya Kecamatan Air Rami, Desa Teramang Jaya Kecamatan Teramang Jaya, Desa Talang Medan Kecamatan Selagan Raya dan Desa Maju Makmur Kecamatan Penarik.

“Yang terbanyak desa dengan klasifikasi desa swakarya. Sedangkan desa yang swadaya hanya 26 desa. Lalu 14 desa klasifikasinya desa swasembada. Dana tambahan Siltap dari pusat ini, kita bagi ke semua desa. Jadi 148 desa se-Kabupaten Mukomuko semua dapat bagian. Pembedanya besaran setiap desa,” demikian Eka.(hue)

Berita Lainnya

Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

MUKOMUKO – Gedung olahraga (GOR) akan siap dibangun di Mukomuko. Targetnya akam mampu menampung 6 ...

error: Content is protected !!