Senin , 20 Januari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Jangan Coba-coba Setrum Ikan, Ada Sanksi Pidana

Jangan Coba-coba Setrum Ikan, Ada Sanksi Pidana

Novianto

KOTA MANNA – Dinas Perikanan Bengkulu Selatan terus melakukan pemantauan di aliran sungai Kedurang soal aksi penangkapan ikan dengan cara setrum.

Pemantauan dilakukan, untuk meminimalisir aktivitas oknum masyarakat yang melakukan aksi penangkapan ikan dengan cara setrum. Sebab ada sanksi pidana yang menanti bagi pelaku penyetrum jika tertangkap oleh tim gabungan Diskan Bengkulu Selatan.

Kepala Diskan Kabupaten Bengkulu Selatan Novianto, M.Si mengatakan sosialiasi soal dengan larangan penangkapan ikan menggunakan alat setrum, terus dilakukan. Tapi tetap saja masih ada oknum tidak menghiraukan aksi penangkapan ikan dengan alat setrum.

‘’Karena itu akan kami pusatkan pemantauan aksi penangkapan ikan di sungai Kedurang. Karena sungai Kedurang selama ini menjadi lokasi favorit oknum yang kerap menangkap ikan pakai alat setrum,’’ ujar Novianto.

Sungai Kedurang, lanjut Novianto, dikenal sebagai salah satu sungai penghasil ikan mungkus atau hewan endemik yang dimiliki  Kabupaten Bengkulu Selatan. Ini juga masuk dalam data Dinas Perikanan Bengkulu Selatan.

‘’Saat ini tim pengawas yang ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu sudah koordinasi bersama Diskan Bengkulu Selatan untuk adanya jalinan kerjasama dalam hal pengawasan,’’ tegas Novianto.

Ini dilakukan karena aktivitas penangkapan ikan dengan alat setrum punya dampak buruk terhadap kelestarian biota sungai. Karena alat setrum dapat membunuh seluruh biota sungai yang terkena aliran listrik dari alat setrum tersebut.

‘’Tim khusus yang menangani pelaku strum ini ada dari Dinas Perikanan Provinsi dan Kabupaten. Jadi jangan mencoba-coba untuk melanggar. Karena dalam aturan sudah jelas tak boleh mengangkap ikan menggunakan alat strum dimanapun itu,” tegas Novianto.

Adapun penangkapan ikan yang pakai setrum melanggar Undang–Undang No. 31 tahun 2004 tentang perikanan terancam kurungan pidana penjara 6 tahun penjara dan dijatuhi denda Rp 1 miliar.(tek)

Berita Lainnya

Mobil Tidak Boleh Pasang Stiker Gelap

KOTA MANNA – Untuk meminimalisir angka kecelakan roda empat di jalan raya, Satlantas Polres Bengkulu ...