Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

Minta Camat Usulkan Pjs Kades Nangai Amen

PELABAI – Kekosongan jabatan pimpinan di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara pascaditahannya DC (38) selaku kepala desa (kades) akibat ditetapkan tersangka korupsi Dana Desa (DD) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, dikhawatirkan berpengaruh terhadap jalannya pemerintahan. Justru itu, pihak Kecamatan Lebong Utara diminta segera menunjuk pelaksana harian (Plh) kades Nangai Amen.

Termasuk segera mengusulkan calon pejabat sementara (Pjs) kadesnya agar bisa diangkat melalui Surat Keputusan (SK) bupati. ‘’Kami rasa pengusulan Pjs tidak bisa ditunda-tunda mengingat Desa Nangai Amen sama sekali belum mencairkan DD dan ADD (alokasi dana desa, red) tahun ini (2019, red),’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto, S.Sos, M.Si.

Itu sebagai langkah persiapan jika Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyetujui dana mandiri untuk Desa Nangai Amen dicairkan. Sekaligus persiapan menyambut DD dan ADD tahun 2020 karena pencairan dana mandiri desa hanya bisa dilakukan kades definitif atau Pjs. ‘’Harapan kami jangan sampai kekosongan jabatan kades Nangai Amen terus dibiarkan karena akan merugikan masyarakatnya mengingat tidak lama lagi tiba tahun anggaran baru,’’ papar Reko.

Atas kasus yang menimpa DC, Reko meminta kades lainnya menjadikan ini sebagai pelajaran agar tidak menimpa desa lainnya. Setiap kegiatan yang akan dilaksanakan melalui DD ataupun ADD, harus dikompromikan dahulu dengan masyarakat secara transparan agar pelaksanaannya benar-benar maksimal dan sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. ‘’Kalau sampai ada kades yang dipenjara karena korupsi yang repot tidak hanya warga desanya saja, Pemkab Lebong sekalipun jelas ikut direpotkan, salah satunya harus mengangkat Pjs,’’ tutup Reko. (sca)

Berita Lainnya

Tiga Investor Ajukan Perizinan

MUKOMUKO – Mukomuko dilirik investor untuk pembangunan terminal minyak mentah kelapa sawit atau biasa dikenal …