Jumat , 28 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Tangani Kemiskinan Lewat Pariwisata

Tangani Kemiskinan Lewat Pariwisata

PERSIAPAN: Kepala Bappeda Lebong, Ir. Eddy Ramlan memimpin rapat persiapan koordinasi FP3B. (foto: aris/rb)

PELABAI – Hari ini Kabupaten Lebong akan menjadi tuan rumah pelaksanaan rapat koordinasi Forum Percepatan Pembangunan Provinsi Bengkulu (FP3B). Temanya, ”Pariwisata Provinsi Bengkulu Berbasis Potensi Daerah dalam Perspektif Penanggulangan Kemiskinan”. Intinya, 10 kabupaten dan kota se Provinsi Bengkulu akan menyepakati nota kesepahaman tentang pengembangan potensi wisata yang ada di masing-masing wilayahnya.

Poin pengembangan pariwisata dalam mengatasi kemiskinan itu harus dimasukkan ke dalam program percepatan pembangunan melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 masing-masing kabupaten dan kota. ”Rapatnya akan kami laksanakan dua hari dimulai besok (hari ini, red),” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Dalam kegiatan itu, FP3B akan menghadirkan 3 narasumber. Antara lain, Nunuk Sri Rezeki dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Termasuk Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria dan pihak manajemen Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Lebong.

‘’’Mudah-mudahan penjabaran dari tiga narasumber itu nanti memberikan pemahaman dan membantu FP3B dalam merumuskan kebijakan pengembangan pariwisata yang akan dijalankan,” terang Eddy.

Khusus Lebong, lanjut Eddy, sangat banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan lebih maksimal. Salah satunya potensi wisata arung jeram dan wisata konservasi. Melalui kesepakatan penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan potensi wisata, diharapnya legislatif Kabupaten Lebong mendukung penganggaran program pariwisata. ‘’Konsep yang akan dibangun penganggaran yang berkelanjutan, dalam artian konsisten dianggarkan setiap tahunnya,’’ tutup Eddy.(sca)

Berita Lainnya

TKK Setwan Wajib Absen Sidik Jari

PELABAI – Tidak hanya kepada PNS, kewajiban mengisi absensi menggunakan alat sidik jari juga diberlakukan …