Rabu , 29 Januari 2020
Home / Daerah / Seluma / 20.827 Warga Seluma Belum Miliki E-KTP

20.827 Warga Seluma Belum Miliki E-KTP

URUS ADMINDUK: Warga sedang mengurus dokumen Adminduk di Disdukcapil Seluma, Jum’at (6/12). (foto: yayan/rb)

SELUMA –  Data Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Seluma semester II tahun 2019 i, jumlah penduduk Kabupaten Seluma sebanyak 212.367 jiwa. Dari jumlah tersebut, 151.215 jiwa sudah wajib e-KTP.  Hanya saja sejauh ini belum semua wajib e-KTP sudah memiliki fisik e-KTP. Masih ada 20.827 jiwa belum ada e-KTP.

Kadis Dukcapil Seluma, Irzani, S.IP, M.Si mengatakan data perekaman e-KTP setiap harinya bertambah. Sehingga kepada masyarakat yang belum memiliki identitas dapat segera mengurus administrasi Kependudukan. ‘’Hingga Oktober lalu masih ada 20.827 penduduk Seluma yang belum melakukan perekaman e-KTP. Sehingga kami minta untuk segera melakukan perekaman ini,’’ sampai Irzani.

Tingkat kesadaran masyarakat Seluma untuk tertib administrasi Kependudukan perlahan sudah mulai membaik. Meskipun ada sebagian masyarakat yang lalai akan pentingnya dokumen Adminduk. Namun, petugas Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil tetap berupaya agar angka masyarakat yang belum tertib Adminduk ini terus menurun, hingga semua memiliki dokumen administrasi Kependudukan.

“Sudah menjadi kebiasaan, saat butuh mulai sibuk dan mendesak petugas agar cepat selesai. Padahal kami setiap hari membuka pelayanan pembuatan dokumen Adminduk ini,” kata Irzani.

Dijelasnya, untuk mewujudkan masyarakat Seluma tertib administrasi Kependudukan, saat ini Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil telah membuka pelayanan melalui sistem online melalui WhatsApp. Sementara untuk pelayanan di kantor tetap menggunakan nomor antrean. Namun dipastikan pengurusan dokumen administrasi Kependudukan akan selesai dalam waktu satu jam jika tidak ada kendala server pusat. ‘’Semuanya kami permudah, tidak ada yang menghambat. Tidak bisa datang, kirim data lewat WhatsApp. Untuk nomornya silakan lihat di facebook Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Seluma,’’ ucap Irzani.

Irzani mengimbau untuk masyarakat Seluma yang ingin mengurus dokumen Adminduk agar tidak melalui calo atau perantara. Jika ada oknum yang mengatasnamakan Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Seluma meminta uang untuk memperlancar urusan administrasi Kependudukan agar melapor ke Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Seluma.  ‘’Silakan datang, maka kami akan layani. Syarat lengkap, satu jam selesai. Terpenting jangan melalui calo, pembuatan dokumen Adminduk ini gratis,” pungkasnya. (aba)

Berita Lainnya

Kapolres Imbau Jangan Paranoid

SELUMA – Beredar luasnya isu penculikan anak belakangan ini telah meresahkan masyarakat di wilayah Kabupaten ...