Rabu , 29 Januari 2020
Home / Daerah / Kaur / Jadi Pjs Kades, Guru Tak Dapat TPG

Jadi Pjs Kades, Guru Tak Dapat TPG

KOTA BINTUHAN-  Rabu (11/12) mendatang, sebanyak 39 kades di Kaur berakhir masa jabatannya. Dengan itu, 39 desa tersebut akan dipimpin oleh pejabat sementara (Pjs). Hingga terpilihnya kepala desa baru, melalui mekanisme pemilihan kepala desa (Pilkades). Pjs kades ini nanti berasal dari PNS di lingkungan kecamatan desa tersebut. Bisa guru, bisa bidan dan juga bisa staf kantor camat atau kantor Pemkab Kaur.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaur Endy Yulizar membolehkan guru untuk diberikan tugas tambahan sebagai Pjs kades. Dengan catatan tetap menjalankan tugas mengajar di sekolah. Kemudian bagi guru yang sudah mendapatkan tunjangan profesi  guru (TPG), maka harus rela melepaskan tunjangan tersebut, selama menjabat Pjs kades.

“Untuk guru banyak yang Pjs namun untuk ke depan dari awal sudah kita tegaskan tidak ada yang dapat tunjangan ganda. Jika jadi Pjs kades maka guru yang mendapatkan sertifikasi selama menjabat Pjs harus melepaskan tunjangan sertifikasi. Dan ini sudah kita sosialisasikan jangan sampai nantinya tidak mengerti ketentuannya, termasuk juga yang lainnya,” kata Endy Yulizar.

Untuk diketahui saat ini pengajuan pengangkatan Pjs kades sudah mulai masuk ke BKD dan PSDM Kaur dari setiap kecamatan. Karena untuk akhir tahun ini, ada 39 kades yang habis masa jabatannya. Desa yang habis masa jabatannya 11 Desember 2019 yang akan datang terdiri dari tiga desa di Kecamatan Kaur Selatan yaitu Air Dingin, Sekunyit dan Tanjung Besar. Kemudian Desa Muara Tetap Kecamatan Tetap. Selanjutnya Desa Tanjung Bunian, Suka Nanti dan Lawang Agung Kecamatan Lungkang Kule. Desa Manay IX I dan Naga Rantai Kecamatan Pagulu, Kemudian dua desa di Kecamatan Tanjung Kemuning, yakni Desa Tanjung Kemuning II dan Tanjung Iman I.

Di Kecamatan Maje juga dua desa yaitu Parda Suka dan Tanjung Baru. Di Kecamatan Semidang Gumay ada enam desa yaitu Gunung Tiga I, Nusuk, Karang Dapo, Lubuk Gung, Suka Merindu dan Bunga Melur. Kelam Tengah ada empat desa yaitu Rigangan II, Sukarami I, Pagar Dewa dan Darat Sawah. Kecamatan Luas empat desa yaitu Cahaya Negeri, Umbul, Bangun Jiwa dan Durian Besar.

Untuk Kaur Tengah ada lima desa yaitu Tanjung Pandan, Sukarami, Pajar Bulan, Sinar Jaya dan Padang Hangat. Kinal juga empat desa yaitu Gunung Wani, Talang Padang, Pinang Jawi I dan Tanjung Baru dan terakhir di Nasal ada dua desa yang juga habis jabatan kades akhir tahun ini yaitu Gedung Menung dan  Air Pahlawan.

“Untuk usulan Pjs kades kita hanya terima saja dan usulan masuk dari kecamatan yang kita proses untuk pembuatan SK. Dan saat ini memang sudah ada yang masuk namun belum semuanya,” singkat Kabid Mutasi BKD dan PSDM Kaur Yosi Afriyanti. (cik)

Berita Lainnya

PT KMB Siap Bayar Gaji Karyawan

KOTA BINTUHAN – Setelah Bupati Kaur Gusril Fauzi, S.Sos, M.AP turun tangan terkait persoalan di ...