Rabu , 29 Januari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Mabes Polri Hibahkan Lahan Bekas Mapolsek

Mabes Polri Hibahkan Lahan Bekas Mapolsek

MASIH DIKERJAKAN: Taman Kota Mukomuko berpotensi diperluas setelah lahan eks Mapolsek Mukomuko Utara di depannya dihibahkan Polri ke Pemkab Mukomuko. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Tuntas sudah tukar guling lahan eks Mapolsek Mukomuko Utara, dari Mabes Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ke Pemkab Mukomuko. Kini lahan yang berada di Kelurahan Pasar Mukomuko berbatasan dengan Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko itu sudah sepenuhnya milik Pemkab.  “Ya sudah dihibahkan Mabes Polri ke Pemkab. Naskah dan berita acara hibahnya sudah ditandatangani,” ujar Kabid Aset Daerah Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Budiarto, ST.

Proses hibah lahan eks mapolsek itu berjalan cukup panjang. Bahkan lambannya hibah lahan itu menyebabkan kegiatan yang sudah dianggarkan hingga Rp 1 miliar lebih oleh Pemkab, batal dilaksanakan.  Ini kejadian di tahun anggaran 2017 dan 2018. Sudah dianggarkan, kegiatan pembangunan perluasan areal taman kota, namun gagal dilaksanakan disebabkan hibah lahan belum tuntas.

Bahkan jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Bengkulu di Mukomuko beberapa waktu lalu, sempat direncanakan bangunan-bangunan di atas lahan itu hendak diratakan. Sebagai langkah awal pematangan lahan. Namun kembali tidak terlaksana akibat dari status lahan belum jelas menjadi milik Pemkab.

Namun sekarang kata Kabid, lahan itu sudah bisa digunakan sepenuhnya oleh Pemkab Mukomuko. Dengan begitu, tahun 2020 mendatang, Pemkab sudah dapat memanfaatkan lahan tersebut. Yang diketahui semula untuk perluasan taman kota, berupa areal parkir dan ruang terbuka hijau (RTH). “Sekarang sudah clear, tidak ada masalah lagi. Sudah bisa digunakan,” tutupnya.

Pemkab Mukomuko sendiri sudah lama memberikan lahan pengganti untuk Mapolsek Mukomuko Utara. Tidak hanya lahan, Pemkab juga membangun gedung Mapolsek berikut dengan fasilitas pendukung seperti rumah dinas yang berada di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Bahkan lahan yang diberikan, lebih luas dari lahan eks Mapolsek Mukomuko Utara.(hue)

 

Berita Lainnya

Bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko membentuk tim percepatan akses keuangan daerah. Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan ...