Rabu , 29 Januari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Kapasitas Kapal Terbatas, Angkut Hasil Panen Pisang Terendah

Kapasitas Kapal Terbatas, Angkut Hasil Panen Pisang Terendah

Eka Hendriyadi

ARGA MAKMUR – Sebulan ini masyarakat Kecamatan Enggano mengeluh, sebagian besar pisang hasil perkebunan warga tidak bisa diangkut. Penyebabnya Kapal Motor Sabuk Nusantara (Sanus) 46 yang digunakan untuk transportasi Enggano-Bengkulu berkapasitas kecil. Sehingga tidak bisa mengangkut semua hasil panen pisang warga.

Kadis Perhubungan Bengkulu Utara, Eka Hendriyadi, SH, MH menjelaskan Rabu ini KM Sanus 52 sudah kembali berlayar karena selesai dilakukan perbaikan. Rabu tersebut kapal ini diperkirakan akan berlayar dari Enggano menuju Bengkulu untuk mengangkut penumpang. “Termasuk hasil pisang hasil pertanian. Karena kapal ini bisa mengangkut angkutan barang sehingga total muatan 400 ton,” katanya.

Selasa kapal akan mulai beroperasi dari Bengkulu ke Enggano untuk mengangkut penumpang. Rabu, kapal sudah akan tiba di Enggano dan akan langsung berangkat kembali ke Kota Bengkulu. “Kapal Sanus 52 kembali aktif berlayar dari Bengkulu – Enggano (PP). Jadi kita harapkan aktivitas masyarakat sudah tidak terganggu lagi,” terang Eka.

Kini Dishub Bengkulu Utara akan berkoordinasi dengan ASDP dan Pertamina terkait kapan jadwal pengangkutan BBM dari Bengkulu menuju Enggano. Pengangkutan BBM akan menggunakan kapal atau jadwal pelayaran sendiri, dan tidak boleh bersama penumpang. “Karena BBM juga sudah sangat menipis di Enggano. Makanya kita juga akan koordinasi untuk diprioritaskan,” jelas Eka. (qia)

Berita Lainnya

Hanya 132 Peserta Untuk Ikut SKB CPNS Bengkulu Utara

ARGA MAKMUR – Dari sebanyak 2.992 peserta tes CPNS di Bengkulu Utara, dipastikan 2.860 peserta ...