Rabu , 22 Januari 2020
Home / Daerah / Lebong / Bangunan Lapas Tunggu Kemenkumham

Bangunan Lapas Tunggu Kemenkumham

PELABAI – Kendati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong telah menyiapkan lahan seluas 6 hektare sejak tahun 2011, sampai saat ini bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) belum juga tegak di Bumei Swarang Patang Stumang. Sesuai koordinasi Pemkab Lebong ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), pembangunan Lapas Lebong sudah masuk road map atau agenda kegiatan Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kemenkum HAM.

‘’Rencananya Lapas Lebong akan dibangun 2020. Itu sesuai dengan usulan Pemkab Lebong, dalam hal ini diusulkan langsung oleh Pak Bupati,’’ kata Kabag Hukum dan HAM Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Drs. Syabahul Adha.

Jika Lapas benar-benar dibangun 2020, artinya Lebong merupakan kabupaten yang paling cepat memiliki Lapas dengan pembangunan baru se Provinsi Bengkulu. Khususnya untuk kabupaten yang berstatus pemekaran. Mengingat sampai saat ini usulan pembangunan Lapas yang juga diusulkan kabupaten lain di Provinsi Bengkulu belum masuk road map Ditjen PAS Kemenkum HAM.

‘’Lahan yang telah disiapkan Pemkab Lebong di Desa Suka Datang I, Kecamatan Pelabai itu sudah diserahkan ke Kemenkum HAM dan saat ini sudah dipasang tanda berupa palang merek oleh pihak Kemenkum HAM. Mudah-mudahan pembangunannya sudah dimulai tahun besok (2020, red),’’ ungkap Syabahul.

Terpisah, Bupati Lebong, H. Rosjonsyah S.Ip, M.Si mengatakan, usulan pembangunan Lapas oleh Pemkab Lebong merupakan bukti dukungan pemerintah daerah terhadap penegakan hukum di Kabupaten Lebong. Sejauh ini instansi vertikal di Lebong terpaksa menitipkan para tahanan maupun nara pidana di Lapas Curup. Hal itu sangat rentan mengancam keselamatan petugas maupun tahanan itu sendiri mengingat jarak tempuh Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong dengan Kabupaten Lebong memakan waktu 2 jam perjalanan kendaraan bermotor.

‘’Dengan kondisi itu, jelas proses hukum di Lebong agak terganggu. Persisnya dalam melaksanakan sidang di Pengadilan Negeri. Hakim harus menunggu para tahanan dijemput dulu dari Lapas Curup untuk bisa disidang. Lalu diantar lagi ke Curup, jelas ini merepotkan dan sangat beresiko,’’ tandas Bupati.(sca)

Berita Lainnya

2 Mobil Dinas Nyungsep Harus Diperbaiki

PELABAI – Kelalaian 2 Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Lebong yang menyebabkan 2 unit mobil dinas ...