Sabtu , 18 Januari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pelantikan 46 Kepala Desa

Pelantikan 46 Kepala Desa

Jaka Santoso

BENTENG – Pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilih dari 46 desa yang melaksanakan pemilihan serentak pada 14 November lalu, dipastikan akan dilaksanakan sebelum akhir tahun. “Antara tanggal 25-30 Desember ini kemungkinan pelantikannya,” jelas Kabag Pemerintahan, Drs. Jaka Santoso, Selasa (10/12).

Disampaikannya, saat ini tengah diselesaikan administrasi untuk Kades terpilih, seperti SK Bupati Benteng untuk masa kerja enam tahun ke depan bagi yang menang dalam pemilihan serentak beberapa waktu lalu. “Mengenai gugatan, sebelumnya ada satu yang dilayangkan oleh pihak dari Desa Air Sebakul,” katanya.

Namun, setelah diteliti laporannya juga diperkuat dengan keterangan banyak saksi di tingkat desa, disimpulkan gugatan yang diajukan tidak memenuhi syarat. Sehingga panitia pemilihan kepala desa tingkat kabupaten melanjutkan untuk proses pendaftaran nama calon Kades yang menang untuk selanjutnya diagendakan dilantik.

Mengenai mekanisme pelantikan, diakui Jaka, pihaknya mempersiapkan pelantikan serentak. Pelantikan dijadwalkan langsung oleh Bupati Benteng, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH selaku kepala daerah dan yang mengeluarkan SK untuk para Kades.

“Adapun tempat pelantikan, berbeda dengan sistem pelantikan BPD beberapa waktu laku yang dibuat per kecamatan. Sementara untuk pelantikan Kades terpilih dijadwalkan di Kantor Bupati Benteng,” jelasnya.

Hal ini didasari jumlah Kades terpilih tidak sebanyak BPD yang telah dilantik terlebih dahulu. Sehingga dinilai lebih tepat dilakukan pelantikan di satu tempat atau secara bersamaan. Mengenai anggaran untuk pelantikan Kades terpilih semuanya ditanggung APBD, berdasarkan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan Kades se Kabupaten Benteng. Sementara untuk BPD beberapa waktu lalu, calon peserta pemilihan diwajibkan iuran untuk bisa melaksanakan pemilihan BPD. “Untuk pemilihan Kades, pelantikan dan seterusnya dibiayai oleh APBD,” demikian Jaka. (vla)

Berita Lainnya

16 Raperda Siap Dibahas

BENTENG – Data yang telah masuk di DPRD Bengkulu Tengah, terdapat 16 Rancangan Peraturan Daerah ...