Rabu , 26 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pemerintah Kabupaten Tolak Tuntutan Warga Desa Air Putih

Pemerintah Kabupaten Tolak Tuntutan Warga Desa Air Putih

Edy Hermansyah

BENTENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah (Benteng) akhirnya menolak tuntutan beberapa warga Desa Air Putih Kecamatan Talang Empat untuk melakukan pergantian terhadap 11 perangkat desa setempat. Mulai dari Sekretaris Desa (Sekdes), 3 Kepala Seksi (Kasi), 4 Kepala Dusun (Kadun) dan 3 Kepala Urusan (Kaur). Alasan tidak bisa diakomodirnya tuntutan warga tersebut, karena poin tuntutan tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Salah satu poin yang bisa menggantikan perangkat desa adalah berhalangan tetap,” terang Sekda Benteng, Edy Hermansyah, Ph.D, Selasa (10/12).

Dijelaskannya, hal tersebut tidak terjadi pada 11 perangkat desa yang dituntut diganti tersebut. Hal lainnya juga bisa dilakukan pergantian jika melanggar hukum dan sudah ada keputusan tetap dari pengadilan. “Sementara berdasarkan pantauan, tidak ada seorang pun yang melanggar hukum dari 11 perangkat desa tersebut,” katanya.

Kemudian tuntutan ganti perangkat desa tersebut, tidak sesuai batasan umum. Dalam aturan pemerintahan desa, bisa dilakukan pergantian jika ada perangkat desa yang sudah berumur 60 tahun. Atas hal ini, Sekda meminta, agar masyarakat bisa bermusyawarah demi kelanjutan pembangunan di tingkat desa.

“Jangan sampai persoalan di tingkat desa dibiarkan berlarut-larut, karena hal tersebut akan merugikan masyarakat desa sendiri,” ujarnya.

Hal yang sama juga diakui Kabag Pemerintahan, Drs. Jaka Santoso. Menurutnya pascapemilihan kepala desa, untuk calon yang menang setelah pelantikan nanti diharapkan bisa merangkul semua elemen masyarakat di desa. Hal tersebut nantinya akan memudahkan program dan kinerja yang akan dijalankan di tingkat desa. Apalagi, tidak semua warga menyatakan atau menyetujui usulan pergantian perangkat desa tersebut.

“Saran kami, musyawarahkan agar semua pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa bisa berjalan dengan baik,” demikian Jaka. (vla)

Berita Lainnya

Inspektur Jamwas Kejagung Kunjungi Kejari Bengkulu Tengah

BENTENG – Kejaksaan Negeri Kabupaten Bengkulu Tengah, Selasa (25/2) dikunjungi oleh Inspektur V Jaksa Agung …