Sabtu , 18 Januari 2020
Home / Metropolis / Tiga Bulan Sebelum Jatuh Tempo Bisa Bayar Pajak Kendaraan

Tiga Bulan Sebelum Jatuh Tempo Bisa Bayar Pajak Kendaraan

BERSAMA: BPKD Provinsi Bengkulu, Dirlantas Polda Bengkulu, dan Jasaraharja komitmen bersama memberi kemudahan pembayaran Pajak Kendaraan bagi Masyarakat Bengkulu, (foto: jeri/rb).

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui surat edaran Nomor 973/4590/BpkD/2019 memberi kemudahan terhadap pengguna kendaraan bermotor di Provinsi Bengkulu dalam pembayaran pajak kendaraan. Pada surat edaran tersebut tertera masyarakat dapat membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) pada Kantor Bersama Samsat dipercepat tiga bulan sebelum jatuh tempo.

Untuk mensosialisasi ini Dispenda Provinsi Bengkulu, dan Dirlantas Polda Bengkulu menggelar pertemuan Selasa (10/11) di Kantor Jasaraharja Bengkulu bersama awak media.

Hadir Kepala Jasaraharja Bengkulu Abdul Haris, SE, Kabid Perencanaan dan Evaluasi Pendapatan, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi Bengkulu, Alfa Rizal Fadlan, dan Pejabat Sementara (PS) Kasi STNK Dirlantas Polda Bengkulu, AKP. Andini Dwijayanti, SH, SlK.

Menurut Kabid Perencanaan dan Evaluasi Pendapatan, BPKAD Provinsi Bengkulu, Alfa Rizal Fadlan mengatakan program ini berbatas waktu sampai Februari 2020 mendatang. Namun untuk tahun depan belum tentu kebijakan tersebut diterapkan lagi.

“Manfaati program ini, dengan program ini masyarakat bisa memiliki waktu yang panjang untuk pembayaran PKB. Jika selama ini pemilik kendaraan membayar mendekati jatuh tempo atau sebulan sebelum jatuh tempo, maka sekarang pembayarannya bisa dipercepat. Misalnya waktu PKB jatuh pada Januari atau Februari mendatang, maka bisa dibayarkan saat ini,” ujar Rizal.

Dia menambahkan layanan ini sehubungan dengan upaya pencapaian target pendapatan asli daerah (PAD) khususnya dari sektor pajak kendaraan. Dengan layanan ini memudahkan masyarakat, dari pada menunggu waktu pembayaran PKB, maka bisa membayarnya sekarang. Dengan begitu tidak perlu lagi menunggu waktunya bayar pajak kendaraan.

Sementara itu Pejabat Sementara (PS) Kasi STNK Dirlantas Polda Bengkulu, AKP. Andini Dwijayanti, SH, SlK menambahkan pembayaran pajak sekarang tidak perlu ribet. Bisa dibayar dari rumah melalui Android. Aplikasi pembayaran pajak online ini bernama Samsat Online Nasional (SAMOLNAS). Aplikasi bisa di download melalui Playstore dan Google Play.

“Samolnas tercipta atas binaan Samsat tingkat Nasional dari Korlantas Polri, Kemendagri, dan Jasa Raharja. Sistem Samolnas hanya melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) elektronik,” ujar AKP Andini.

Dia menambahkan tata cara operasional Samolnas, Data kendaraan bermotor yang ditampilkan dalam sistem Samolnas yaitu data yang sesuai dengan identitas NIK yang tidak dalam status terblokir atau dalam masalah pidana maupun perdata. Pembayaran PKB dan SWDKLLJ melalui aplikasi Samolnas dapat dilakukan tiga bulan sebelum jatuh tempo PKB dan SWDKLLJ.

“Stiker registrasi dan identifikasi (Regident) pengesahan STNK tahunan dan TBPKB akan dikirimkan oleh petugas Samsat melalui pengiriman sesuai dengan alamat yang tertera dalam STNK. Wajib pajak setelah menerima stiker regident pengesahan STNK tahunan dan TNKB, stiker regident pengesahan STNK tahunan ditempelkan pada kolom pengesahan STNK sesuai tahun pengesahan. Saat ini pun pembayaran pajak PKB 3 bulan sebelum jatuh tempo juga bisa dilakukan pada aplikasi Samolnas,” Tutupnya AKP Andini. (cw2)

Berita Lainnya

Target Penataan Pasar, Molor

BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu sebelumnya menargetkan penataan ulang Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar ...