Minggu , 19 Januari 2020
Home / Daerah / Lebong / Penerima 12 Ribu, Stiker Baru Seribu

Penerima 12 Ribu, Stiker Baru Seribu

PELABAI – Dari 12.351 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Sosial (Bansos) di Kabupaten Lebong tahun ini, baru 1.391 KPM yang akan ditandai khusus dengan pemasangan stike di rumahnya. Itupun sampai saat ini prosesnya masih terus berjalan.

Ditargetkan sebelum tutup tahun 31 Desember sudah harus selesai 100 persen. Yakni para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Indonesia Sejahtera (KIS) dan Penerima Iuran Bantuan (PIB) yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di 2 kecamatan. Masing-masing 363 KPM BPNT dan 299 PKH di Kecamatan Uram Jaya serta 323 KPM BPNT dan 406 PKH di Kecamatan Lebong Atas.

‘’Stiker yang telah dipasang jangan dilepas. Kalau sampai dilepas, KPM bersangkutan akan dicoret dari daftar penerima program bansos. Itu sesuai instruksi pusat,’’ kata Kabid Sosial Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Kabupaten Lebong, Jimi Tri Susilo, S.STP.I.

Pemasangan stiker lanjutan akan dilaksanakan di tahun 2020 sejumlah 7 ribu stiker. Sisanya, akan dilanjutkan tahun berikutnya. Selain sebagai tanda rumah KPM, tujuan pemasangan stiker itu untuk mempermudah verifikasi dan validasi. Setiap penerima bansos akan diketahui secara luas. Artinya KPM yang tidak layak menerima, dengan sendirinya akan tersaring melalui proses seleksi yang dilakukan masyarakat.

‘’Jadi kalau ada yang memanipulasi data, dengan sendirinya akan ketahuan oleh masyarakat. Silakan penerima bersangkutan bertahan asalkan tidak malu dengan sanksi sosial yang diberikan masyarakat,’’ papar Jimi. (sca)

Berita Lainnya

Pembersihan Siring Antisipasi Banjir

LEBONG UTARA – Mengantisipasi penyumbatan air yang dapat memicu banjir, Anggota DPRD Kabupaten Lebong, Desi ...