Minggu , 19 Januari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

DAK Pasar Meningkat, Utamakan Pasar Harian

AKAN DIPERBAIKI: Pasar Karang Tinggi menjadi target utama untuk diperbaiki karena akan dijadikan pasar harian,(foto: fintah/rb).

BENTENG – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), untuk tahun 2020 mendatang akan mendapatkan kucuran dana pembangunan pasar sebesar Rp 3,7 miliar. Hal tersebut, jika dibandingkan dengan dana tahun ini yang hanya Rp 2,8 miliar meningkat sekitar Rp 900 juta.

Kabid Pasar Disperindagkop & UKM Bengkulu Tengah, Nurul Takwa, ST saat dikonfirmasi menjelaskan, dana tersebut akan digunakan terutama untuk revitalisasi pasar. “Apalagi target tahun depan harus mulai ada pembuatan pasar harian Karang Tinggi,” katanya, Jum’at (13/12).

Dijelaskannya, untuk lokasi pasar yang siap pembangunan melalui dana tersebut, saat ini baru dipastikan untuk Pasar Karang Tinggi yang akan dijadikan sebagai pasar harian. Kabupaten Bengkulu Tengah sudah selayaknya memiliki pasar harian. Direncanakan untuk dareah di ibukota kabupaten, yakni Pasar Karang Tinggi,” jelasnya.

Saat ini tim sedang mengkaji bagaimana persiapan untuk membuat pasar harian tersebut. Lokasi pasar yang ada saat ini sekitar 0,5 hektare dinilai masih belum mampu untuk menjadi lokasi pasar harian. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintahan Kecamatan Karang Tinggi, untuk mencari titik atau lokasi yang tepat guna dijadikan pasar harian.

“Jika memungkinkan masih menggunakan pasar lama, akan dilakukan. Namun jika peninjauan kurang tepat maka harus mencari lahan yang baru atau menambah lahan yang sudah ada saat ini,” ungkapnya.

Anggaran yang akan dipersiapkan, saat ini masih dihitung. Apalagi bukan hanya untuk membangun pasar harian, namun juga untuk perbaikan dan peningkatan beberapa pasar mingguan lainnya.

Sementara itu, Camat Karang Tinggi, Ferry Afrianto, S.Sos menjelaskan, pihaknya memang sedang mengkaji lokasi pasar yang siap untuk menjadi pasar harian. Lokasinya tetap sesuai arahan dari dinas bahwa harus berada di ibukota Kabupaten Bengkulu Tengah. “Warga sudah banyak yang menunggu adanya pasar harian,” demikian Ferry.(vla)

Berita Lainnya

16 Raperda Siap Dibahas

BENTENG – Data yang telah masuk di DPRD Bengkulu Tengah, terdapat 16 Rancangan Peraturan Daerah ...