Minggu , 19 Januari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

Gedung olahraga Tampung Enam cabang olahraga

MUKOMUKO – Gedung olahraga (GOR) akan siap dibangun di Mukomuko. Targetnya akam mampu menampung 6 cabang olahraga (Cabor). Sebab GOR yang bakal dibangun 2020 itu, ditarget menjadi GOR bertipe B.

Ini diungkapkan Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, Sutrisna Imam Sentosa. “Untuk bangun GOR digelontorkan dana Rp 12,8 miliar. Kita harap ini bisa terwujud jadi GOR tipe B,” kata Sutrisna.

Target tersebut papar Sutrisna, didasarkan pada Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga (Permenpora) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Standar Prasarana Olahraga Berupa Bangunan GOR.

Dimana didalamnya diatur GOR tipe B, maka harus tersedia sarana untuk enam cabor. Yakni cabor bulutangkis, bola voli, bola basket, futsal, tenis lapangan dan sepaktakraw.

“Diharapkan dengan menjadi GOR tipe B ini bisa menjadi sarana jika suatu saat nanti akan ada sejumlah event di Mukomuko. Baik itu event nasional bahkan internasional. Apalagi event lokal sangat memungkinkan,’’ jelas Sutrisna.

Tapi, lanjut Sutrisna, bukan berarti nanti cabor lain tak bisa melaksanakan kegiatan di GOR tersebut. Cabor yang lainnya tetap bisa beraktivitas di GOR. Sebab enam cabor yang diatur itu hanya dibangun sarana dan lapangan saja.

‘’Misalkan nanti cabor silat, karate atau cabor lain ingin melaksanakan pertandingan di GOR, bisa-bisa saja. Tentu memanfaatkan lapangan indoor yang ada dalam GOR,” jelas Sutrisna.

Ditambahkan Sutrisna, dalam Permenpora itu juga diatur soal teknisnya. Yakni panjang, lebar dan tinggi sudah distandarkan. Lalu GOR tipe B dibangun dengan kemampuan bisa menampung 1.000 hingga 3.000 orang. ‘’Jadi pembangunan sepenuhnya harus mengacu pada Permenpora,” imbuhnya.

Lokasi pembangunan GOR bakal berdiri dalam area Sport Center seluas 5 hektare, berada di Jalan Hidayatullah di Desa Ujung Padang Kecamatan Kota Mukomuko.(hue)

Berita Lainnya

Mukomuko Bakal Punya Pabrik Tepung Ikan

MUKOMUKO – Dalam tahun ini Mukomuko bakal punya pabrik tepung ikan. Jika sampai terwujud, ini ...