Jumat , 21 Februari 2020
Home / Pemilu / Masih Ada Peserta Seleksi yang Tidak Paham Tupoksi Panwas

Masih Ada Peserta Seleksi yang Tidak Paham Tupoksi Panwas

SELEKSI : Peserta Panwascam Bengkulu Utara saat mengikuti tes CAT Panwascam, Sabtu (14/12). (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR– Bawaslu Bengkulu Utara masih melakukan tahapan seleksi calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Hari terakhir pelaksanaan tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) telah dilakukan Sabtu (14/12). Selanjutnya seleksi akan memasuki tahapan wawancara hingga Selasa (17/12).

Dalam tes wawancara yang dilakukan, Bawaslu masih menemukan peserta yang tidak mengetahui tupoksi Panwascam maupun tugas pengawasan yang dilakukan. Bahkan beberapa peserta tidak mengetahui Undang-undang tentang Pemilu maupun Perbawaslu yang mengatur tentang tugas-tugas Bawaslu.

Ketua Bawaslu Bengkulu Utara Titin Sumarni, SH menuturkan jika dalam wawancara tersebut yang dilakukan Komisioner Bawaslu ingin mengethaui tingkat pemahaman peserta tentang tugas-tugas Panwascam. Meskipun akan tetap dilakukan Bimbingan Teknis, namun diharapkan peserta sudah mengetahui tugas dasar Panwas.

“Jika memang peserta sudah mengetahui tugas-tugas dari aturan yang ada, maka pelaksanaan tugas tentunya akan lebih mudah,” terangnya.

Setelah dilantik akhir Desember ini, Panwascam langsung bekerja melakukan pengawasan. Terutama melakukan pengawasan dalam tahapan Pilkada yang sudah dilakukan di KPU. KPU kini sudah membuka pendaftaran calon independen.  “Terkait tahapan yang dimulai itu, artinya tahapan di kecamatan juga sudah dilakukan. Makanya nanti Panwascam akan langsung bekerja,” pungkas Titin. (qia)

Berita Lainnya

Dukungan Pilgub PKS Masih Tunggu DPP

BENGKULU– Tiga nama telah dilayangkan DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Bengkulu ke Dewan Pimpinan …