Jumat , 21 Februari 2020
Home / Metropolis / Jaga Stok Cabai, Dinas Ketahanan Pangan Siapkan 4.700 Bibit

Jaga Stok Cabai, Dinas Ketahanan Pangan Siapkan 4.700 Bibit

BENGKULU  – Untuk menjaga ketersediaan cabai di Provinsi Bengkulu agar tak terjadi kehabisan ketersediaan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan (DTP) Provinsi Bengkulu  telah menyiapkan 4.700 bibit cabai. Nantinya bibit cabai tersebut akan dibagikan ke Kelompok Wanita Tani di tiga kabupaten yakni yaitu Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Kepala DTP Provinsi Bengkulu, Ir Yenita Saiful MSi membenarkan hal tersebut. Pihaknya memang telah menanam sebanyak 4.700 bibit cabai di halaman kantornya. Bibit cabai tersebut ditanam dengan harapan dapat menjamin ketersediaan cabai di Provinsi Bengkulu.

Hal ini mengingat bahwa Provinsi Bengkulu memiliki fase – fase dimana kekurangan stok cabai di pasaran yang membuat harganya bisa melambung tinggi dan harus mengambil cabai dari luar daerah. Untuk itulah, diharapkan bibit ini akan menjaga dan menjamin peredaran cabai di Bengkulu.

“Untuk itulah kita adakan bibit cabai lewat program gerakan tanam cabai, harapan kita itu bisa menjamin ketersediaan cabai,” ujarnya.

Dengan adanya program gerakan tanam cabai ini diharapkan dalam tiga bulan kedepan Provinsi Bengkulu sudah mampu memenuhi pasokan cabai secara mandiri tanpa harus memasok dari luar daerah. Dengan begitu maka peredaran cabai akan stabil begitupun juga harganya sehingga tidak menyulitkan masyarakat. Nantinya bibit cabai tersebut akan diberikan kepada 10 kelompok wanita tani di Bengkulu.

Dimana setiap kelompoknya memiliki lebih dari 30 anggota dan masing-masing anggota akan mendapatkan 10 bibit cabai. Adapun juga kelompok wanita tani tersebut jugasudah mendapatkan sosialisasi pemanfaatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Dengan begitu kelompok ini juga telah aktif menanam berbagai sayuran di pekarangan rumahnya.

“Tiga bulan nanti kita panen, harapannya agar bisa memenuhi pasokan cabai di Provinsi Bengkulu ataupun yang paling utama adalah dapat memenuhi kebutuhan cabai keluarga,” tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

Jadi Lingkaran Setan, Fraksi PAN Desak BPJS Kesehatan Dihapuskan

BENGKULU– Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Jakarta sudah menggaungkan penolakan BPJS, serta sepakat agar …