Senin , 20 Januari 2020
Home / Berita utama / Lusa Tim Assesor Rilis Nilai Hasil Tes Calon Sekda ke Pansel

Lusa Tim Assesor Rilis Nilai Hasil Tes Calon Sekda ke Pansel

Veny Hidayat

BENGKULU– Hasil penilaian tes pertama untuk calon sekda yang berlangsung selama dua hari, Senin (16/12) dan Selasa (17/12), dikatakan  Ketua Tim Assesor  PT. Mitra Optima Talenta, Veny Hidayat, M.Psi sudah dapat diketahui Rabu (18/12). Ini disampaikan Veny Hidayat, saat ditemui wartawan disela-sela tes seleksi JPT Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu di ruang Pola Provinsi Bengkulu, Senin (16/12) siang.

“Besok (Rabu, 17/12,red) diwawancara individu dibagi dua, manajerial sosio kultural sebanyak 45 menit, dan pindah ke assessor menguji kemampuan teknikal manajerial. Jadi memang  ini sangat menggali kompetensi mereka yang benar-benar sesuai dengan PermenpanRB nomor 38 tahun 2017,” jelas Veny.

Ditambahkan Veny, pada Rabu siang, hasil dari tes kemampuan manajerial dan sosio kultural ini sudah diketahui. Namun mereka tidak mengumumkan melainkan langsung diberikan kepada tim panitia seleksi (pansel).

“Setelah ini tanggal 18 siang akan mnyerahkan hasil kepada pansel dan nanti pada tanggal 19 pansel akan melakukan wawancara untuk rekam jejak peserta,” katanya.

Untuk selanjutnya, lanjut Veny, sepenuhnya akan menjadi kewenangan dari tim pansel yang sudah dibentuk guna ditentukan tiga nama dari 7 orang yang sudah mengikuti seleksi tersebut.  Disisi lainnya, Veny menyampaikan jika penilaian tes ini memang cukup berpengaruh pada penilaian yang dilakukan tim pansel nantinya. “(Persentase) pastinya tidak bisa mengatakan, karena sudah ada aturan di Permenpan, akan tetapi hasil ini akan memegang persentase yang cukup berpengaruh, karena dijadikan dasar bagi pansel untuk mereview mendalam terkait rekam jejak mereka,” sampainya.

Pada seleksi ini, lanjut dia, bukan lulus tidak lulus atau layak tidak layak, akan tetapi dilakukan pemilihan sesuai dengan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki dari masing-masing peserta.

“Bukan masuk layak tidak layak atau tidak layak, atau lulus tidak lulus, karena mereka sudah berpengalaman karena rata-rata sudah kepala dinas, kepala badan, jadi yang akan dipilih yang sesuai dengan kompetensi, sesuai dengan Permenpan RB, disana ada standar,  misalnya dari kemampuan manajerial ini tadi integritas, dari semuanya yang diikuti bobotnya berapa, pelayanan publik, nanti akan diakumulasikan, mana yang persentasi yang paling mendekati 100 persen itulah yang akan mendapatkan 3 besar tadi,” paparnya.

Sementara itu, Kabid Mutasi dan Promosi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Hendy Afrizal  menambahkan, jika setelah dilaksanakan tes kemampuan manajerial dan sosio kultural kemudian dilanjutkan pada 18 Desember 2019 akan dilakukan penulisan makalah dan pada 19 Desember 2019 akan dilakukan tes wawancara yang langsung dilakukan oleh 5 orang pansel yang sudah ditetapkan. “Untuk pengumuman akan dilakukan sekaligus, untuk info selanjutnya langsung ke pansel ya,” demikian Hendy. (zie)

 

Berita Lainnya

Kasatker : Pekerjaan Jembatan di Bengkulu Utara Masuk dalam Rapat Satker sebagai Kontrak Rawan

ARGA MAKMUR– Pengerjaan dua jembatan Jalan Lintas Barat (Jalinbar) masing-masing Jembatan Kota Agung dan Jembatan ...