Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Empat Warga Panca Mukti Terserang DBD

Empat Warga Panca Mukti Terserang DBD

FOGGING: Fogging dilakukan Pemerintah Desa Pana Mukti, Kecamatan Pondok Kelapa setelah wabah DBD menyerang desa tersebut.(foto: fintah/rb).

BENTENG – Sebanyak empat orang warga Desa Panca Mukti, Kecamatan Pondok Kelapa, saat ini dirawat di RS Bhayangkara dan DKT Kota Bengkulu karena terjangkit wabah Demam Berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa (Kades) Panca Mukti, Randy Pobersky menjelaskan, hasil laboratorium empat warga tersebut sudah keluar. “Semua positif terkena DBD,” terangnya, Minggu (12/1).

Dijelaskannya, rata-rata penderita DBD tersebut sudah terjangkit selama 3 hari terakhir. Karena itu, untuk memutus perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD, Minggu (12/1) pemerintah desa setempat melalukan fogging. “Fogging dilakukan agar semua jentik nyamuk bisa mati,” ujarnya.

Seluruh areal desa terutama yang diduga menjadi tempat penampungan air dan juga menjadi sarang nyamuk bertelur serta berkembang biak, semuanya difogging. Terutama seluruh rumah penduduk Desa Panca Mukti. “Terkait hal ini, pemerintah desa bersama pihak Puskesmas Srikuncoro juga telah mengupayakan pemberantasan dan penanggulangan penyebab DBD,” katanya.

Musim hujan saat ini, dikhawatirkan bisa menjadi salah satu penyebab nyamuk berkembang biak dengan mudah dan cepat. Bersama pihak Puskesmas, Pemerintah Desa Panca Mukti juga terus melakukan sosialisasi kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Randy berharap, pemerintah daerah juga giat melakukan sosialisasi ke daerah lain. Karena, bisa saja wabah DBD menyebar dan menimbulkan korban selain di Desa Panca Mukti. “Kami akan terus mengawasi supaya korban tidak bertambah,” demikian Kades.(vla)

Berita Lainnya

Diduga Ngutil Terekam CCTV

BENTENG – Aksi pengutil terekam CCTV beredar di media sosial. Disebutkan kejadiannya di Alfamart Desa …