Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Pasar Semanek Digelar Siang

Pasar Semanek Digelar Siang

BENTENG – Tidak seperti biasanya pasar atau pekan mingguan di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), yang digelar dan dibuka dagangan mulai pagi hari, Pasar Semanek di lokasi yang baru mulai penggunaannya tahun 2020 ini, dibuka pada siang hari saat selesai jam istirahat kerja, terutama di komplek perkantoran Pemkab Bengkulu Tengah.

Kabid Pasar Disperindagkop & UKM Bengkulu Tengah, Nurul Takwa, S.Sos menjelaskan, untuk hari pasar di lokasi yang baru tetap tidak berbeda, hanya waktu mulainya saja yang siang hari. “Pasar setiap hari Selasa,” kata Nurul, Minggu (12/1).

Dijelaskannya, perubahan jam kegiatan pasar tersebut dipertimbangkan dari beberapa faktor. Pertama, jika dilaksanakan pagi hari, bisa mengganggu arus lalu lintas terutama kendaraan yang akan menuju pusat perkantoran Renah Semanek. Hal lainnya, pasar siang juga diharapkan bisa menjadi sasaran pembeli dari kalangan pegawai di perkantoran Renah Semanek yang pulang kantor.

“Sehingga, jika pegawai perkantoran ingin jalan di lokasi pasar, tidak mengganggu jam kerja seluruh pegawai,” ujarnya.

Hal ini disetujui juga oleh warga Renah Semanek. Seperti yang disampaikan Ketua Pengelola Pasar Renah Semanek, Yudian Yahya, bahwa pasar memang lebih baik dilaksanakan pada siang hari. Karena, beberapa desa lainnya yang juga tidak jauh dari Renah Semanek melaksanakan pasar di pagi hari. Seperti di Desa Plajau, Desa Karang Tinggi yang semuanya melaksanakan kegiatan pasar pada pagi hari. “Kegiatan pasar juga akan lebih ramai pengunjung ketika jam kerja pegawai sudah selesai,” nilainya.

Namun, diakui Yudian, pihaknya sampai saat ini belum menerima mandat atau perintah langsung dari Disperindagkop & UKM Bengkulu Tengah selaku pihak yang membangun pasar. “Kami menunggu petunjuk tertulisnya,” kata Yudian.

Disampaikan Yudian, petunjuk tersebut akan digunakan juga untuk pemberitahuan kepada warga dan pedagang yang selama ini menggunakan atau berjualan di Pasar Renah Semanek, untuk bisa mengisi lokasi yang baru.

Diakui Yudian, dari pengamatan pihaknya memang lebih baik berjualan atau membeli di lokasi pasar yang baru, karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan. “Pasar baru tidak akan menganggu kelancaran arus pengguna jalan,” demikian Yudian.(vla)

Berita Lainnya

Diduga Ngutil Terekam CCTV

BENTENG – Aksi pengutil terekam CCTV beredar di media sosial. Disebutkan kejadiannya di Alfamart Desa …