Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Seluma / Raperda Kembali Digodok

Raperda Kembali Digodok

SELUMA – Setelah sempat tertunda pembahasannya, tahun ini Pemkab Seluma kembali mengusulkan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) ke DPRD Seluma. Setidaknya ada 20 Raperda yang kembali diusulkan dan salah satunya adalah Coorporate Social Responsibility (CSR). Tertundanya pembahasan itu karena sebelumnya dilakukan uji publik terlebih dahulu terkait Raperda CSR tersebut.

Kabag Administrasi Hukum Pemkab Seluma Nurpadliya, SH membenarkan bahwa pembahasan perda tersebut sempat tertunda. Namun, tahun ini perda tersebut kembali disampaikan agar bisa dibahas ke DPRD Seluma.

“Perda ini sempat tertunda pembahasannya tapi kita tetap sampaikan kembali,” tuturnya.

Ia berharap dengan dibahas kembali Raperda ini adalah agar semua perusahaan dibebankan di Kabupaten Seluma. Sehingga nantinya akan ada payung khusus yang bisa digunakan untuk mekanisme penyaluran CSR. Hal itu mengingat ada 44 perusahaan yang aktif di Kabupaten Seluma seperti perusahaan perkebunan, tambang, bank, kemudian perusahaan keuangan lainnya. Termasuk perusahaan otomotif seperti Yamaha dan Honda yang memiliki cabang di Kabupaten Seluma telah dipanggil untuk membahas masalah Raperda tersebut.

“Sebelumnya sudah kami panggil untuk membahasnya namun sampai saat ini belum ada kesepakatan, jadi tahun ini akan kami lanjutkan pembahasannya,”ujarnya.

Nurpadliya mengatakan bahwa Pemkab Seluma hanya bisa berkoordinasi. Yang mana jika ada kegiatan yang akan diselenggarakan di salah satu desa maka bisa berkoordinasi dengan perusahaan yang ada di dekatnya. Hal itu mengingat bahwa memang CSR diberikan kepada desa penyangga perusahaan.

Selain Raperda CSR, Pemkab Seluma juga akan mengusulkan beberapa raperda lainnya pada tahun ini seperti Raperda Pengelolaan Barang Daerah, Raperda Perubahan atas Retribusi Jasa Umum dan beberapa Raperda lainnya. Dimana ia berharap Raperda tersebut setelah dibahas bersama dapat disahkan dan menjadi Perda Kabupaten Seluma.

“Segera kami usulkan ke DPRD Seluma untuk selanjutnya dibahas bersama dimana harapan kita nanti adalah disahkan menjadi Perda,” tutupnya.(cup)

Berita Lainnya

Operasi Wanalaga Temukan Bangkai Harimau Sumatera Terjerat di Seluma

SELUMA– Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ditemukan mati terjerat di Desa Selingsingan Kecamatan Seluma …